Rabu, 31 Januari 2018

Jauhi dan Tinggalkan Sifat Sombong !

Baca Juga

H. Machfud Machradji bersama istri.

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته


اِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِىْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

“Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina. (Al-Qur’an Surat Al-Mu’min, ayat 60).


Surat Luqman, ayat 18:

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ
Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. 


Surat An-Nahl, ayat 23:

لَا جَرَمَ أَنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا يُسِرُّونَ وَمَا يُعْلِنُونَ ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْتَكْبِرِينَ

Tidak diragukan lagi bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka lahirkan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong.


Surat Al-Isra' Ayat 37:

وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الْأَرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُولًا

Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ قَالَ رَجُلٌ إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً قَالَ إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

“Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.” Ada seseorang yang bertanya, “Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?”. Beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.“ (HR. Muslim no. 91).


Islam mengajarkan kepada kita agar berakhlak mulia serta menjauhi dan meninggalkan akhlak/perilaku buruk atau jahat. Salah satu akhlak atau perilaku buruk yang merupakan penyakit hati adalah bersikap sombong. Orang-orang yang sombong dibenci oleh Allah Swt dan dimasukkan kedalam Neraka Jahanam yang sangat pedih dank eras serta mengerikan siksanya.

Sombong menurut penjelasan hadist Rasulullah Saw adalah Menolak kebenaran dan meremehkan manusia.
Jadi dapat diambil pengertian sifat atau perilaku sombong itu antara lain menghina orang, tidak menghormati alias merendahkan orang, berkata kasar, keras  kepada orang, menista orang, menganggap orang lain bodoh, sampah, tak berguna dll.

Sombong juga disematkan kepada orang yang menolak kebenaran. Allah Maha Benar. Perintah ALLAH pasti benar adanya. Menolak perintah ALLAH SWT, menyebabkan seseorang terjerumus kepada kategori Sombong. Contoh orang sombong antara lain ketika diperintah ALLAH SWT agar jujur kok malah mencuri/korupsi, diperintah berkata benar malah bohong, diperintah menggauli istri secara baik malah istri dipukul/ditempeleng, diperintah menafkahi keluarga malah keluarga ditinggal/ ditelantarkan, disuruh shalat 5 waktu, malah ogah-ogahan, disuruh shadaqah malah kikir, disuruh puasa ramadhan malah enak-enakan makan minum siang hari.

Ayo kita jauhi dan tinggalkan sifat sombong agar selamat hidup kita didunia sampai akhirat kelak. Semoga bermanfaat saudaraku.
*(M2/DI/Red)*