Sabtu, 16 September 2017

KPK Tangkap Wali Kota Batu Eddy Rumpoko

Baca Juga


Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan.

Kota JAKARTA - (harianbuana.com).
Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Pejabat Daerah diwilayah Provinsi Jawa Timur yang terindikasi kuat telah melakukan perbuatan Tindak Pidana Korupsi. Kali ini, Sabtu (16/09/2017) siang, tim Satgas Penindakan KPK berhasil melakukan OTT terhadap Wali Kota Batu Eddy Rumpoko juga pihak lain terduga penyuap berinisial P serta beberapa pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Batu.

Usai dilakukan penangkapan, Wali Kota Batu Eddy Rumpoko dan pihak lain terduga penyuap berinisial P serta beberapa Pejabat Pemkot Batu yang diduga kuat terlibat kasus itu, saat itu juga langsung digelandang ke Polda Jawa Timur jalan A. Yani Surabaya, untuk dilakukan pemeriksaan awal.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera membenarkan adanya penangkapan tersebut. "Ya benar,  terjadi penangkapan itu oleh petugas KPK sekitar pukul 13.30 WIB, di Batu. Sekarang berada di Polda Jatim guna pemeriksaan awal. Materiya tanya langsung ke KPK ya...", ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Sabtu (16/09/2017).

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan membenarkan adanya OTT KPK di Kota Batu Provinsi Jawa Timur pada Sabtu (16/09/2017) siang tersebut. Yang mana, dalam OTT kali ini, tim KPK mengaman 5 (lima) terduga pelaku Tipikor, yang salah-satu diantaranya adalah Wali Kota Batu Eddy Rumpoko. "Benar..., ada Tim KPK yang lakukan OTT siang ini disalah-satu Kabupaten/ Kota di Jawa Timur. Sekitar lima orang diamankan, termasuk Kepala Daerah dan pejabat unit pengadaan", terang Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, Sabtu (16/09/2017).

Dijelaskannya, bersama 5 (lima) terduga pelaku Tipikor tersebut, sejumlah uang yang diduga sebagai barang-bukti pemberian suap (fee) proyek kepada Wali Kota, juga turut disita dalam OTT kali ini. "Saat ini, sebagai tindakan awal, tim membawa lima orang tersebut ke kantor Kepolisian terdekat (Red: Polda Jatim) untuk dilakukan pemeriksaan awal", jelas Basaria.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menegaskan, bahwa untuk keterangan lebih lanjut, KPK akan mengumumkan informasi lebih lanjut soal OTT dalam konferensi pers yang akan digelar besok (Minggu, 17/09/0'2017). "Saat ini, tim masih bekerja. Akan kita sampaikan besok", pungkasnya. *(Ys/AB/DI/Red)*


BERITA TERKAIT :
*Wali Kota Batu Terjaring OTT KPK...?