Senin, 06 Agustus 2018

Dua Dokter Umum Kawal Kesehatan 125 JCH Kota Mojokerto di Tanah Suci

Baca Juga

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto, Christiana Indah Wahyu.

Kota MOJOKERTO - (harianbuana.com).
Sebanyak 125 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kota Mojokerto yang akan melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci pada musim haji tahun 2018 ini, bakal didampingi 2 tenaga medis dari Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melalui Dinas Kesehatan Pemkot Mojokerto. Dua dokter umum yang akan ditugasi mendampingi para jama'ah haji asal Kota Mojokerto yakni dr. Hesti dan dr. Hasan.

Kedua dokter itu dipilih Dinas Kesehatan setempat untuk mengikuti pelaksanaan ibadah haji selama di Arab Saudi. "Kita menujuk dua dokter kita untuk melakukan pendampingan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) selama haji. Pendampingan ini atas permintaan Kementerian Agama (Kemenag)", terang Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Mojokerto Christiana Indah Wahyu, Senin (06/08/2018).

Menurut Christiana Indah Wahyu, selama di Arab Saudi, dokter umum tersebut dibekali sejumlah obat untuk berbagai penyakit. "Mereka kita bekali berbagai macam obat-obatan mulai dari yang ringan hingga untuk penyakit berat. Itu berdasarkan riwayat penyakit setiap jamaah selama melakukan screening di Puskesmas", urainya.

Meski demikian, lanjutnya, kebanyakan JCH juga membekali dirinya sendiri dengan obat-obatan yang dibutuhkan masing-masing jama'ah calon haji. "Kebanyakan JCH adalah orang berekonomi mampu sehingga mereka membawa sendiri obat-obatannya", lanjutnya.

Indah tak menampik dari 125 JCH asal Kota Mojokerto ada yang berisiko tinggi (Resti). "Ada. Namun jumlahnya nanti di bidang Kami", pungkasnya. *(Yd/DI/Red)*