Sabtu, 25 September 2021

Diskop UKM Perindag Pemkot Mojokerto Rayakan Puncak Peringatan HKN Ke-74

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat memotong tumpeng nasi kuning dalam perayaan puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (HKN) ke-74 tahun 2021 secara daring dan luring di pendopo Sabha Kridatama Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto, Sabtu (25/09/2021) siang.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menggelar perayaan puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (HKN) ke-74 tahun 2021 dengan mengambil tema "Transformasi Digital Koperasi Menuju Bisnis Modern yang Kuat dan Bermartabat",  Sabtu (25/09/2021) siang.

Kegiatan yang berlangsung secara daring dan luring yang dipusatkan di pendopo Sabha Kridatama Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto ini, dibuka secara langsung oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Dalam sambutannya, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, dengan tagline 'Digitalisasi Menuju Koperasi Modern', koperasi harus mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Pada era industri 4.0, bahkan menuju revolusi ke 5.0, maka koperasi sebagai soko guru nasional tidak boleh ketinggalan, harus ikut mengadopsi pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatanya", kata Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, Sabtu (25//09/2021) siang, di lokasi.



Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat mengunjungi beberapa stand hasil wirausaha pelaku UKM Kota Mojokerto yang digelar dalam perayaan puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (HKN) ke-74 tahun 2021 secara daring dan luring di pendopo Sabha Kridatama Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto, Sabtu (25/09/2021) siang.


Wali Kota Mojokerto yang akrab disapa "Ning Ita" ini menegaskan, saat ini sudah saatnya koperasi harus mengambil peran penting dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan perkoperasian.

“Era digital menuntut pelayanan serba cepat dan mudah. Sudah saatnya koperasi dalam melayani anggotanya bisa memberikan kemudahan dengan memanfaatkan teknologi informasi", tegas Ning Ita.

Wali kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini pun menegaskan, bahwa Kota Mojokerta sebagai Kota Perdagangan dan Jasa, diharapkan koperasi yang merupakan salah-satu sektor pemberi layanan jasa bisa mengambil bagian sebagai penggerak ekonomi di Kota Mojokerto

"Saat ini, kita akan berupaya secara maksimal. Bagaimana caranya, melalui program-program kegiatan pemerintah bersinergi dengan seluruh insan koperasi untuk menguatkan ekonomi yang ada di daerah", tegas Ning Ita pula.

Lebih jauh, Ning Ita yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Gugus Tugas (Satgugas) Penanganan Covid-19 Kota Mojokerto ini menjelaskan, pemanfaatan teknologi informasi adalah merupakan salah-satu cara untuk memutus penyebaran Covid-19 di masa pandemi dan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat.



Beberapa suasana kegiatan dalam perayaan puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (HKN) ke-74 tahun 2021 secara daring dan luring di pendopo Sabha Kridatama Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto, Sabtu (25/09/2021) siang.


"Misalnya, melalui digitalisasi dalam pemasaran dan digitalisasi dalam proses transaksi pembayaran. Saat ini, pola hidup masyarakat sudah mengarah kepada hal-hal yang sifatnya instan, serba cepat, serba mudah, serba gampang diakses, hanya menggunakan 1 gadget", jelas Ning Ita.

"Jadi, sudah saatnya koperasi juga menransfer kemudahan-kemudahan itu dengan memanfaatkan teknologi informasi di dalam melayani anggotanya. 192 koperasi yang ada di Kota Mojokerto diharapkan bisa terus menguatkan sinergi dengan pemerintah melalui Diskopukmperindag", tandasnya.

Puncak perayaan peringatan Hari Koperasi Nasional ke-74 tahun 2021 ini juga diwarnai dengan pemotongan tumpeng nasi kuning oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang potongan tumpeng tersebut kemudian diberikan kepada Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto.

Pada resepsi puncak perayaaan peringatan Hari Koperasi Nasional ke-74 ini sekaligus digelar grand final pemilihan Duta Koperasi Kota Mojokerto tahun 2021. Aldi Prawiranugraha (24) Mahasiswa Hukum di Universitas Negeri Jember (UNEJ) dan Wienda Ayu Wardani (20) Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dinobatkan sebagai Duta Koperasi Kota Mojokerto 2021.

Aldy Prawira Nugraha warga Kelurahan Magersari Kecamatan Magersari dan Wienda Ayu Kusumawardhani warga Kelurahan Mentikan Kecamatan Prajurit Kulon ini berhasil melewati seleksi ketat dari para juri. Pasangan ini berhasil membawa pulang tropi, piagam dan uang pembinaan.

Pada kesempatan ini, juga dilakukan Penanda-tanganan Perjanjian Kerja-sama (PKs) antara Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenaga-kerjaan Cabang Mojokerto dengan Diskop UKM Perindag Pemkot Mojokerto.

Resepsi puncak peringatan Hari Koperasi ke-74 tahun 2021 ini dihadiri Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria, Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto, Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo juga Kepala Diskop UKM Perindag Pemkot Mojokerto Ani Wijaya serta perwakilan pengurus Koperasi se-Kota Mojokerto. *(DI/HB)*