Senin, 27 September 2021

DPRD Kota Mojokerto Apresiasi Program Vaksinasi Rabies

Baca Juga


Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Mojokerto Deny Novianto.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Dalam rangka memperingati Hari Rabies Dunia yang jatuh pada 28 September, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat menggelar kegiatan Vaksinasi Rabies di Sabha Kridatama Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto, Minggu (26/09/2021).

Ratusan masyarakat dari beberapa komunitas pecinta hewan peliharaan hadir dalam kegiatan vaksinasi rabies kali ini dengan membawa hewan peliharaan mereka masing-masing. Ada sekitar 80-an hewan peliharaan seperti kucing, anjing dan kera yang divaksin rabies dalam kegiatan vaksinasi kali ini.

Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Mojokerto Deny Novianto mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi rabies yang digelar DKPP Pemkot Mojokerto tersebut.

“Saya mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi rabies tahun 2021 ini. Saya berharap bisa berjalan dengan baik dan optimal. Sehingga, keberadaan penyakit rabies di Kota Mojokerto bisa ditekan semaksimal mungkin", kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Mojokerto Deny Novianto saat ditemui di Kantor DPRD Kota Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto, Senin (27/09/2021) pagi.

Deny Novianto menegaskan, kegiatan vaksinasi rabies tersebut penting sekali dilaksanakan agar hewan peliharaan bisa terhindar dari penyakit yang bisa mematikan itu. Terlebih, untuk mencegah penularannya kepada manusia.

“Kota Mojokerto merupakan Kota Kecil, bahkan terkecil se Indonesia, namun penduduknya terpadat setelah Surabaya dan Malang. Ketika sejumlah masyarakat memelihara hewan kesayangan seperti kucing, anjing maupun kera yang rawan dengan rabies, tentunya bisa menjadi persoalan. Jadi, kami apresiasi program vaksinasi rabies ini", tegas Deny.

Politisi Partai Demokrat ini berharap, ke depan program vaksinasi rabies ini terus berjalan dengan lebih baik dan lebih optimal lagi, hingga semua hewan peliharaan di Kota Mojokerto sehat-sehat.

“Saya berharap, ke depan, kegiatan ini tetap terlaksana dengan lebih baik dan lebih optimal. Sehingga Kota Mojokerto bisa bebas rabies. Tentunya, ini berkaitan dengan sosialisasi yang lebih maksimal", pungkasnya.

Sementara itu, Kepala DKPP Pemkot Mojokerto Happy Dwi Prastiawan menjelaskan, adanya kegiatan vasinasi rabies tersebut selain sebagai peringatan Hari Rabies Dunia, juga sebagai pengingat bahwa penyakit rabies itu memang ada dan penting untuk terus diwaspadai.

“Dengan adanya moment memperingati Rabies Day, tentunya ini akan menjadi perhatian kita bahwa ada rabies dan memang rabies harus diwaspadai. Jadi, hewan peliharaan kita harus sehat, soalnya hewan peliharaan itu merupakan hewan yang paling dekat dengan majikannya, sehingga harus sama-sama sehat”, jelas Kepala DKPP Pemkot Mojokerto Happy Dwi Prastiawan. *(DI/HB)*