Selasa, 24 Mei 2022

Bangga Buatan Indonesia, Wali Kota Mojokerto Ikuti Arahan Presiden Tentang Afirmasi Peningkatan Pembelian Produk Dalam Negeri

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto Ning Ita mengikuti saat pengarahan Presiden RI Joko Widodo tentang aksi afirmasi peningkatan pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri, di Ruang Sabha Pambojana Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto, Senin 24 Mei 2022.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari mengikuti pengarahan dan evaluasi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo tentang aksi afirmasi peningkatan pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri dalam rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, di Ruang Sabha Pambojana Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto, Senin 24 Mei 2022.

Dalam acara yang diikuti Wali Kota Mojokerto secara daring tersebut, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan, bahwa saat ini dunia masih menghadapi situasi ketidak-pastian dan terus berupaya memulihkan ekonomi. Oleh karena itu, Presiden RI Joko Widodo menekankan pentingnya memacu pertumbuhan ekonomi dengan tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan anggaran BUMN untuk tidak membeli barang impor.

"Ini uang rakyat. APBN, APBD, dan BUMN, ini uang rakyat, jangan kita belikan barang-barang impor. Keliru besar sekali kita kalau melakukan itu", kata Presiden RI Joko Widodo.

Pada kesempatan ini, Presiden RI Joko Widodo juga mendorong agar produk-produk lokal atau produk dalam negeri dapat segera masuk pada katalog elektronik lokal yang diluncurkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

“Yang punya e-Katalog Lokal baru 46 Pemda dari 514 kabupaten kota dan 34 provinsi. Baru 46 Pemda, padahal untuk membangun e-Katalog Lokal ini syaratnya sudah nggak kayak dulu. Dulu memang rumit sekarang sangat simpel", tutur Kepala Negara.


Wali Kota Mojokerto Ning Ita didampingi Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo dan Kabag PBJ Muraji saat mengikuti saat pengarahan Presiden RI Joko Widodo tentang aksi afirmasi peningkatan pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri, di Ruang Sabha Pambojana Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto, Senin 24 Mei 2022.


Presiden RI Joko Widodo berharap, dengan masuknya produk-produk dalam negeri ke dalam e-Katalog Lokal diharapkan dapat menggerakkan perekonomian di daerah.

“Nanti makin banyak produk-produk lokal, produk-produk unggulan daerah itu semuanya masuk ke e-Katalog. Dan itu akan memacu ekonomi daerah dan itu saya pastikan membuka lapangan kerja yang banyak di daerah tanpa kita sadari", ujar Presiden Joko Widodo, penuh harap.

Terkait itu, Presiden RI Joko Widodo menekankan agar seluruh kementerian/ lembaga dan Pemerintah Daerah dapat merealisasikan komitmen pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri tersebut.

Menindaklanjuti arahan tersebut, Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan "Ning Ita" ini menjelaskan, bahwa Pemerintah Kota Mojokerto sudah termasuk 46 daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam implementasi katalog lokal.

“Saat ini, yang bisa masuk katalog lokal adalah makanan minuman. Ada 1 (satu) UMKM Kota Mojokerto yang produknya sudah tayang di katalog lokal dan 2 (dua) penyedia lagi yang sudah terdaftar", jelas Ning Ita.

Turut hadir mendampingi Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dalam mengikuti pengarahan Presiden RI Joko Widodo tersebut, antara lain Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, Assisten Perekonomian dan Pembangunan Ruby Hartoyo, Inspektur Muh. Sugeng, Kepala BPKPD Sumaljo, Kepala Diskop UKM Perindag Ani Wijaya serta Kabag PBJ Muraji. *(Na/HB)*