Jumat, 18 November 2022

Di HUT Ke-51, KORPRI Kota Mojokerto Gelar 'Mlaku Bareng Ning Ita' Bersama Pelajar

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo yang juga Ketua KORPRI Kota Mojokerto saat memberangkatkan peserta jalan sehat 'Mlaku Bareng Ning Ita' sebagai rangkaian kegiatan peringatan HUT KORPRI ke-51 tahun 2022 di depan Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto, Jum'at (18/11/2022) pagi.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Ribuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tergabung dalam Korp Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kota Mojokerto bersama pelajar jenjang SMP dan SMA Kota Mojokerto, hari ini, Jum'at 18 November 2022, melakukan kegiatan 'Jalan Sehat'. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) KORPRI ke-51.

Kegiatan jalan sehat 'Mlaku Bareng Ning Ita' sebagai rangkaian kegiatan peringatan HUT KORPRI ke-51 tahun 2022 dengan start di depan Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto ini, diberangkatkan secara langsung oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dengan didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mojokerto sekaligus Ketua KORPRI Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo sekitar pukul 06.00 WIB.

Adapun rute jalan sehat 'Mlaku Bareng Ning Ita' tersebut, yakni start di depan Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto berjalan ke arah Selatan,  kemudian belok ke kiri menyusuri jalan Benteng Pancasila, selanjutnya menuju dan finish di Rest Area Gunung Gedangan.

Di lokasi finish, ribuan peserta jalan sehat 'Mlaku Bareng Ning Ita' tersebut disiapi minum serta kuliner aneka makanan jajanan produk UMKM Kota Mojokerto secara gratis. Ribuan peserta jalan sehat 'Mlaku Bareng Ning Ita' itu pun dihibur dengan penampilan kelompok musik dan artis PAMMI serta disiapi berbagai hadiah door prize.

Selain itu, ribuan peserta jalan sehat 'Mlaku Bareng Ning Ita' itu pun disiapi pelayanan kesehatan. Mereka bisa meminta pelayanan cek tekanan darah, donor darah hingga pemeriksaan kadar gula dalam darah. Selain itu, mereka bisa berbelanja Sembako Murah serta Sepatu dan Sandal Murah produk unggulan UMKM Kota Mojokerto.

Dalam laporannya, Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo selaku Ketua KORPRI Kota Mojokerto di antaranya melaporkan, bahwa kegiatan 'Mlaku Bareng Ning Ita' ini merupakan rangkaian kegiatan HUT Korpri ke-51, yang juga masuk di dalam rangkaian kegiatan memperingati 4 (tahun) kepemimpinan Ning Ita mengabdi sebagai Wali Kota Mojokerto.

"Yang pertama ingin saya laporkan, bahwa tujuan daripada dilaksanakannya kegiatan pada pagi hari ini ataupun kegiatan daripada HUT ini, yang pertama untuk mempererat tali silaturrahmi antara seluruh anggota Korpri bersama seluruh stakeholder dan seluruh lapisan masyarakat sekaligus merupakan rangkaian dalam rangka memperingati 4 (empat) tahun Ning Ita mengabdi", lapor Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo selaku Ketua KORPRI Kota Mojokerto.


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo yang juga Ketua KORPRI Kota Mojokerto dan Kepala Diskop UKM Perindag Pemkot Mojokerto Ani Wijaya, saat akan menyerahkan hadiah door prize berupa TV LCD kepada salah-satu siswa SMK Kesehatan Kota Mojokerto peserta jalan sehat 'Mlaku Bareng Ning Ita' dalam rangka HUT KORPRI ke-51, di halaman Rest Area Gunung Gedangan, Jum'at (18/11/2022) pagi.


Gaguk menerangkan, tujuan daripada dilaksanakannya kegiatan 'Mlaku Bareng Ning Ita' pada pagi hari ini  juga untuk selalu menjaga kesehatan jasmani dan rohani melalui kegiatan olah-raga yang sifatnya murah dan meriah.

"Yang kedua, dilaksanakannya kegiatan ini adalah juga untuk menumbuhkan kepekaan sosial. Oleh karenanya, didalam rangkaian kegiatan ini nanti ada kegiatan yang sifatnya sosial, disamping juga ikut mendorong dalam rangka pengendalian inflasi. Oleh karena itu, beberapa kegiatan yang kami lakukan melibatkan beberapa UMKM yang ada di Kota Mojokerto ini. Adapun tema daripada kegiatan HUT Korpri yang ke-51 ini Korpri Melayani Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri", terang Gaguk.

"Kami sampaikan, bahwa rangkaian peringatan HUT Korpri ke-51 ini kita laksanakan semala 20 (dua puluh) hari yang kita awali mulai tanggal 10 November hingga tanggal 29 November (2022) dengan berbagai macam kegiatan. Di antaranya, yang pertama sudah kita laksanakan pada tanggal 10 November (2022) kemarin yaitu dengan mengikuti ziarah ke Makam Pahlawan. Yang ke-2 (dua) adalah kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini, yaitu jalan sehat 'Mlaku Bareng' bersama Ning Ita dengan peserta seluruh anggota Korpri bersama Pelajar, stakeholder serta beberapa komponen masyarakat", lanjutnya.

"Yang ke-3 (tiga), kegiatan bakti sosial. Kegiatan bakti sosial ini ada berbagai macam kegiatan, di antaranya adalah donor darah. Yang ke-dua, pemeriksaan kesehatan gratis. Yang ke-tiga, pemberian bantuan untuk anak yatim berupa berupa sepeda motor. Yang ke-empat, pemberian santunan kepada rekan-rekan kami yang sudah purna tugas dan kebetulan saat ini sedang diberikan cobaan sakit. Dan, yang ke-lima, bakti sosial dalam bentuk pemberian bantuan alat bantu untuk berjalan bagi warga", tambahnya.

Gaguk menandaskan, kegiatan selanjutnya yang diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT KORPRI ke-51, yakni melakukan kegiatan pasar murah. Yang mana, kegiatan pasar murah ini diselenggarakan bekerja-sama dengan Bulog. Ada beberapa bahan pangan yang dijual dalam pasar murah ini, yakni meliputi minyak goreng, beras, gula dan telur.

"Disamping itu, kegiatan yang lainnya adalah kegiatan lomba-lomba yang bersifat olah-raga, yaitu lomba voli gembira dan lomba tenis-meja. Ada juga kegiatan lomba Qiro'ah ASN dan Tilawah, yang ini akan dilaksanakan nanti pada tanggal 19 November (2022). Dan terakhir kegiatannya adalah upacara prosesi HUT Korpri ke-51 yang jatuh tepat pada tanggal 29 November (2022)", tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dalam sambutannya di antaranya menyampaikan, bahwa dipilihnya Rest Area Gunung Gedangan sebagai titik finish dalam kegiatan 'Mlaku Bareng Ning Ita' ini salah-satunya untuk lebih membomingkan Rest Area Gunung Gedangan sebagai sentra kuliner oleh-oleh yang didirikan oleh Pemerintah Kota Mojokerto sebagai sarana-prasarana untuk mendukung Kota Mojokerto sebagai Kota Pariwisata.

"Kami akan terus berbenah mengevaluasi apa yang menjadi kekurangan di tempat ini, sehingga ke depan Rest Area Gunung Gedangan ini bisa menjadi 'enter poin' kunjungan wisatawan yang akan menuju ke titik-titik wisata yang ada di Kota Mojokerto. Dalam waktu dekat, insya ALLAH tahun depan di sebelah Barat – Timur dari Rest Area Gunung Gedangan ini juga akan didirikan Sentra UKM Edukatif", kata Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

"Di sana nanti akan kami persiapkan segala sarana-prasarana bagi wisatawan yang datang untuk bisa melihat secara langsung proses pembuatan batik dari awal sampai siap menjadi pakaian atau fashion yang bisa digunakan oleh masyarakat. Itu adalah salah-satu bagian (upaya) kita yang mengangkat kearifan lokal berupa budaya membatik yang dijadikan sebagai satu destinasi wisata yang ada di Kota Mojokerto", lanjutnya.

Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan Ning Ita ini menerangkan, bahwa hal itu dilakukan sebagai upaya untuk bisa mewujudkan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Mojokerto secara merata ke depannya.

"Dalam kesempatan peringatan HUT KORPRI ke-51 ini tentu saya secara pribadi yang juga dalam waktu dekat ini telah genap 4 (empat) tahun mengabdi mengemban amanah warga Kota Mojokerto untuk memimpin di Pemerintah Kota Mojokerto ini, seluruh yang telah kami hasilkan, kami ikhtiarkan menjadi bentuk nyata melalui program-program yang memberi manfaat kepada masyarakat secara langsung semuanya bukan kerja pribadi Ning Ita", terang Ning Ita.

"Semua ini adalah bentuk sinergi dan kolaborasi kami dengan seluruh jajaran yang ada di Pemerintah Kota Mojokerto, khususnya KORPRI. Maka, saya secara pribadi mengucapkan terima-kasih kepada KORPRI Kota Mojokerto. Kekuatan kolaborasi yang sudah kita laksanakan bersama-sama ini mampu menghasilkan sesuatu yang nyata kebermanfaatannya bagi masyarakat. Maka ke depan mari kita terus kuatkan komitmen untuk membangun Kota Mojokerto ini dengan bergandengan tangan, dengan bersinergi dan sekaligus kolaborasi dengan beberapa stakeholder terkait yang ada di Pemerintah Kota Mojokerto ini", tambah Ning Ita.

Ditandaskan Ning Ita, tahun depan pihaknya akan mempersembahkan apa yang belum bisa direalisasikannya. Ditandaskannya pula, bahwa di sisa waktu 1 (satu) tahun masa kepemimpinannya itu ia akan memaksimalkan kinerjanya sebagai bukti komitmen bahwa kehadirannya di Kota Mojokerto adalah membawa amanah dari masyarakat.

"Maka saya harus menutup amanah itu dengan mempersembahkan yang terbaik dan semaksimal mungkin yang mampu saya lakukan. Sehingga, harapan saya, keberadaan saya dalam mengemban amanah ini benar-benar sesuai dengan harapan masyarakat Kota Mojokerto. Mohon terus do'a dan dukungan jajaran Pemerintah Kota Mojokerto, KORPRI sekaligus stakeholder yang ada juga masyarakat Kota Mojokerto tentunya. Karena support dan dukungan semua andalah yang menjadi motivasi dan kekuatan terbesar bagi kami", tandas Ning Ita.

Hadir dalam acara ini, jajaran Forkopimda Kota Mojokerto, Dandenpom 082, Kepala Kantor Pertanahan, Kepala Bank Jatim atau yang mewakili, Kepala Bulog atau yang mewakili, para Kepala OPD di lingkungan Pemkot Mojokerto, para Kepala Badan, Kepala Kantor, Camat, Kepala Seksi serta para Lurah di lingkungan Pemkot Mojokerto. *(DI/HB/Adv).