Selasa, 07 Maret 2023

Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto Jadi Narasumber Musrenbang 2024

Baca Juga

Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto Sonny Basoeki Rahardjo, SH., MH. saat menyampaikan materi dalam pembukaan Musrenbang RKPD Kota Mojokerto Tahun Anggaran 2024 di hotel Raden Wijaya Kota Mojokerto, Selasa 07 Maret 2023.

Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Mojokerto Sonny Basoeki Rahardjo, SH., MH. hadir dalam acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) Kota Mojokerto Tahun Anggaran 2024 di hotel Raden Wijaya Kota Mojokerto, Selasa 07 Maret 2023.

Dalam pemaparan materinya, Wakil Ketua DPRD kota Mojokerto Sonny Basoeki Rahardjo, SH., MH. selaku narasumber di antaranya menyampaikan materi kepada peserta Musrenbang tentang 3 (tiga) jalur penyampaian aspirasi terkait pembangunan di Kota Mojokerto tahun 2024 untuk kepentingan masyarakat Kota Mojokerto.

“DPRD juga bisa menyampaikan aspirasi. Seperti tadi yang sudah dijelaskan sama Pak Sekda (Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo), bahwa penyampaian aspirasi ada 3 (tiga) jalur. Yaitu, melalui jalur program prioritas Wali Kota. Lalu, jalur Musrenbang tingkat kota, Musrenbang tingkat kecamatan dan Musrenbang kelurahan. Terus, kemudian jalur reses yang disampaikan melalui pokok-pokok pikiran (Pokir)", ujar Wakil Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto Sonny Basoeki Rahardjo, Selasa (07/03/2023) di lokasi.

Pada kesempatan ini, Sonny berkesempatan menyampaikan ucapan  terima-kasihnya atas upaya dilaksanakan Musrenbang Tematik dan Musrenbang yang sudah dilaksanakan di masing-masing tahap mulai tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota.

"Terima kasih kepada Ibu Wali Kota yang menjadikan pertama kali dilaksanakannya Musrenbang tematik yang bisa menampung aspirasi anak perempuan dan kaum disabilitas", ujar Sonny Basoeki Rahardjo.


Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto saat foto bersama Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo (paling kanan), dan Kepala Bappeda dan Litbang Kota Mojokerto Agung Moeljono (paling kiri) serta peserta Musrenbang RKPD Kota Mojokerto Tahun Anggaran 2024 di hotel Raden Wijaya Kota Mojokerto, Selasa 07 Maret 2023.


Sonny menjelaskan, bahwa pokok-pokok pikiran adalah wadah yang disiapkan oleh pemerintah melalui DPR dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat melalui reses. Adapun Pokok-pokok pikiran pada reses merupakan kebutuhan riil masyarakat agar dapat terealisasi secara maksimal

“Dalam 1 (satu) tahun, DPRD diberi waktu bersama konstituennya tiga kali reses. Telah direncanakan reses tahun 2023. Dari pokok-pokok pikiran kita tampung, kita masukkan dalam data dan mengarah jelas masuk semua melalui SIPD yang alhamdulilah ternyata masuk usulannya senilai Rp. 86 miliar”, jelas Sonny Rahardjo.

Yang kedua, lanjut Sonny Basoeki Rahardjo, DPRD menjadi narasumber pada kegiatan OPD agar lebih dioptimalkan porsinya. Maksudnya agar DPRD dapat secara nyata dan optimal mendampingi OPD dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsinya. Utamanya yang berhubungan dengan masyarakat, juga membantu memberikan referensi solusi atas kendala yang dialami OPD. Sehingga, DPRD dapat membantu mengawal dalam alternatif solusi yang dibutuhkan", lanjut Sonny.

“Sebagai realisasi atas pelaksanaan fungsi pengawasan pada OPD dalam pelaksanaan Tupoksi sekaligus akan memberi penguatan koordinatif jika diperlukan bantuan peran serta antar OPD dalam upaya lebih optimalisasi hasil atau target suatu kegiatan", tandasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo. dalam laporannya di antaranya melaporkan, bawa berdasarkan hasil tela'ah pokok-pokok pikiran DPRD Kota Mojokerto tahun 2024, telah diusulkan sebanyak 1956 usulan.

“Dari 1956 usulan tersebut, akan diselaraskan kembali dengan prioritas sasaran pembangunan serta tentunya mengacu pada kemampuan keuangan daerah", lapor Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo. *(DI/HB)*