Kamis, 15 Juni 2023

KPK Masih Selidiki Dugaan Korupsi Di Kementan

Baca Juga


Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
KPK menyatakan, Tim Pênyidik KPK masih sedang menyelidiki laporan dugaan adanya tindak pidana korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan). Maka, KPK belum menjelaskan detail perkara yang sedang diselidiki itu.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri selaku Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK menerangkan, sejauh ini Tim Penyidik KPK telah meminta keterangan sejumlah pihak terkait perkara dugaan korupsi di Kementan itu.

"Sejauh ini yang kami ketahui benar, tahap proses permintaan keterangan kepada sejumlah pihak atas dugaan korupsi di Kementerian Pertanian", terang Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri selaku Juru Bicara Penindakan KPK saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (14/06/2023).

Ali masih enggan menginformasikan pihak-pihak yang telah dimintai keterangan oleh Tim Penyidik KPK. Ali pun belum menginformasikan perihal dugaan korupsi yang dilaporkan masyarakat. Adapun para Tersangka, konstriksi perkara dan pasal yang disangkakan, akan diumumkan beriringan dengan penangkapan dan penahanan Tersangka.

"Ini sebagai tindak-lanjut laporan masyarakat yang diterima KPK sehingga kemudian KPK tindak-lanjuti pada proses penegakan hukum", jelas Ali Fikri.

Ali menegaskan, perkembangan penanganan perkara ini akan segera disampaikan. Ali pun tidak menyebut siapa terlapor dan pelapor perkara yang sedang Tim Penyidik KPK ini.

"Karena masih pada proses penyelidikan tentu tidak bisa kami sampaikan lebih lanjut. Segera kami sampaikan perkembangannya", tegas Ali Fikri.

Pelaksana-tugas (Plt.) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu membenarkan dugaan korupsi di Kementan itu masih tahap penyelidikan. Ditegaskannya, pihaknya tidak bisa menjelaskan lebih lanjut sebelum perkara ini naik tahap penyidikan.

"Saat ini masih proses penyelidikan. Mohon maaf, belum ada yang bisa kami sampaikan ya", tegas Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu.

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengaku 'tidak mengerti' dikonfirmasi tentang penanganan perkara dugaan korupsi di Kementan oleh KPK.

"Oh saya tidak mengerti itu", kata Mentan Syahrul Yasin Limpo saat berkunjung ke Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Rabu (14/06/2023).

Komentar pendek Mentan itu disampaikan ketika sesi wawancara di lokasi penen bawang warga Solok saat sejumlah awak media meminta komentarnya soal penyelidikan dugaan korupsi di Kementan yang dilakukan KPK yang disebut-sebut menyeret nama Syahrul Yasin Limpo dan sejumlah pejabat Kementan.

Namun, Syahrul Yasin Limpo hanya berkomentar "Oh saya tidak mengerti itu" dan memilih meninggalkan awak media untuk masuk ke kendaraan dinasnya menuju Kota Padang. *(HB)*