Jumat, 04 Agustus 2023

Festival 100 Seni Banthéngan Semarakkan Majafest 2023 Di Lapangan Kawiryan Mojokerto

Baca Juga


100 seni Banthéngan khas Mojokerto melakukan atraksi di depan Bupati Ikfina dan tamu undangan pada event Majafest 2023 di Lapangan Kawiryan Desa Pacing Kec. Bangsal Kab. Mojokerto, Kamis (03/08/2023).


Kab. MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto menggelar  100 seni Banthéngan yang dipusatkan di Lapangan Kawiryan Desa Pacing Kecamatan (Kec.) Bangsal, Kab. Mojokerto, Kamis (03/08/2023).  Upaya melibatkan Kesenian khas asli Mojokerto ini selain untuk  menyemarakkan event akbar Majafest 2023 sekaligus mengembangkan serta melestarikan budaya asli khas Mojokerto yang ada sejak jaman Mojopahit.

Pantauan dilokasi kesenian Banthéngan yang lagi bomming di Jawa Timur  baik pada kegiatan PHB (Peringatan Hari Besar) RI maupun warga yang punya hajatan sengaja dihadirkan untuk terlibat menyemarakkan even Majafest ke-3 (tiga) tahun 2023 yang dipusatkan di Lapangan Kawiryan Desa Pacing, Bangsal, Mojokerto  yang lokasinya ditengah-tengah wilayah Kab. Mojokerto.

Bukan hanya para pejabat dan tamu undangan di lokasi yang menyaksikan atraksi kesenian Banthéngan khas asli Mojokerto, tetapi masyarakat yang sebelumnya mendengar woro-woro ada festival tersebut berbondong-bondong datang ke lokasi menyaksikan seni Banthéngan yang lagi viral di Jawa Timur ini.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menjelaskan, Majafest 2023 ini adalah event kolaborasi berbagai elemen. Sebuah event yang mengkolaborasikan antara seni, budaya, dan ekonomi kreatif. Sedangkan even akbar Majafest 2023 kali ini merupakan event yang ketiga kalinya.

“Majafest 2021 dulu masih sederhana lokasi terbagi beberapa tempat karena masih pandemi covid 19 dan yang dijual di antaranya produk kopi dan coklat. Sedangkan Majafest 2022 di gelar di Trawas. Brand yang dijual selain batik khas Kabupaten Mojokerto, juga ada kuliner sambel wader yang pecahkan Rekor MURI", jelas Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati.

Dijelaskannya pula, event akbar kali ini mengambil tema  Majafest  Harmoini Nusantara 2023, oleh karena itu yang dilibatkan bukan hanya aneka kesenian yang berkembang di wilayah kabupaten  Mojokerto. Tetapi juga menghadirkan 100 pelaku ekonomi kreatif untuk memamerkan  hasil produknya baik bentuk kuliner, batik maupun produk unggulan Kab, Mojokerto lainnya  menempati 100 stand yang disediakan panitia.

Oleh karena itu, selain ada pagelaran 100 seni Banthéngan juga ikut menyemarakkan kesenian lainnya seperti  seni Reog, Barongsai, campursari, Keroncong yang dimiliki paguyuban di sejumlah desa yang ada di Kab. Mojokerto. Sedangkan pada malam hari, dilanjut dengan penampilan Ludruk Karya Budaya hingga tengah malam serta disambung dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk hingga esok pagi.

Secara terpisah, Kadiskominfo Kabupaten Mojokerto Ardi Sepdianto mengatakan, Majafest 2023 ini merupakan upaya Pemkab Mojokerto untuk menciptakan branding Kabupaten Mojokerto, memperkenalkan, mengangkat potensi wisata budaya maupun ekonomi kreatif, supaya bisa menggaung di skala nasional maupun internasional.

“Untuk itu kami mohon dukungan dari media baik  cetak, streaming, elektronik, yang bertuga peliputan di Mojokerto untuk membantu mempublikasikan hal hal yang berkaitan Majafest 2023. Karena dengan kekuatan media event Majafest 2023 bisa disejajarkan dengan event event yang ada di daerah lain", kata Kadiskominfo Pemkab Mojokerto Ardi Sepdian.

Demikian juga Kadis Budporapar Kabupaten Mojokerto Norman Handito mengungkapkan, acara rakyat ini bisa dinikmati semua kalangan masyarakat dan tidak dipungut biaya sepersen pun.

"Selain ada Festival 100 Seni Bantengan yang ditampilkan pada hari pertama (pembukaan), padai hari berikutnya Jumat (04/08/2023) besok, akan digelar Tari Bedoyo Mojosakti khas Kab. Mojokerto yang melibatkan 500 penari remaja putri yang masih perawan sehingga masuk rekor MURI", ungkap Norman.

Sedangkan  Rangkaian acara Majafest 2023, lanjut Norman, pada hari ke-3 (tiga/penutupan), Sabtu (05/08/2023) juga dimeriahkan Festival Sambal Wader yang tahun lalu juga mendapat rekor MURI, Mojokerto Tourism Award hingga Pemilihan Gus Yuk 2023.

Ditegaskannya, tema Harmoni Nusantara untuk Majafest 2023, agar event Majafest ini memberi semangat persatuan dan kesatuan terus terpelihara. OLeh karena itu selain pertunjukan 100 bantengan, juga ada pertunjukkan seni reog, campursari, barongsai, Ludruk Karya Budaya, Keroncong Jelita, penampilan dari Titi Laras serta penampilan dari Gildcoustic. *(get/DI/HB/Adv)*