Minggu, 16 Juni 2019

Peringati HUT Ke-101 Kota Mojokerto, Ning Ita Dorong Lansia Tetap Produktif

Baca Juga

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menyuapi salah-seorang Lansia warga Kota Mojokerto dalam kegiatan rangkain peringatan HUT ke-101 Kota Mojokerto dan peringatan Hari Lansia Nasional, Minggu 16 Juni 2019, di Taman Kehati, jalan Raya Ijen – Kota Mojokerto.

 
Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melalui Dinas Sosial setempat menggelar Lomba Lansia, Minggu 16 Juni 2019 pagi. Selain merupakan serangkaian perayaan dalam rangka memperingati HUT ke-101 Kota Mojokerto, Lomba Lansia kali juga digelar dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional yang jatuh pada 29 Mei yang lalu.

Lomba yang digelar khusus untuk warga Kota Mojokerto lanjut usia pada tahun ini meliputi Lomba Menulis Surat untuk Ibu Wali Kota Mojokerto, Lomba Cipta Kreasi Daur-ulang dan Lomba Busana Muslim.

Lomba diikuti oleh kurang lebih 300 orang Lansia yang berasal dari berbagai kelompok/ organisasi Lansia di Kota Mojokerto. Di antaranya adalah Komda Lansia, Yayasan Gerontologi, LVRI, PWRI, Pepebri, Karang Werda, Posyandu Lansia dan kelompok Lansia di tingkat RT/RW.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria saat mengunjungi stand kelompok Lansia Kelurahan Wates Kecamatan Magersari, Minggu 16 Juni 2019, di Taman Kehati, jalan Raya Ijen – Kota Mojokerto.


Lomba bagi warga Kota Mojokerto Lanjut Usia ini, digelar di Taman Kehati yang berlokasi di kawasan jalan Raya Ijen Kota Mojokerto dan dibuka secara langsung oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Mengawali sambutannya, Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan "Ning Ita' ini menyampaikan apresiasinya atas partisipasi para peserta yang telah mengikuti lomba.

Melalui kegiatan ini, Ning Ita berharap dapat meningkatkan komunikasi dan  kebersamaan di antara para Lansia serta mewujudkan dan meningkatkan kesadaran para lanjut usia, keluarga dan masyarakat dalam memaknai kehidupan berbangsa dan bernegara melalui berbagai kegiatan terpadu antara masyarakat dan pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas kesejahteraan lanjut usia.

“Dengan digelarnya lomba bagi Lansia ini, diharapkan dapat memotivasi para individu, keluarga, organisasi sosial, masyarakat dan dunia usaha dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial lanjut usia dengan mengembangkan jiwa dan semangat kebersamaan menuju lanjut usia Indonesia Sejahtera 2025", kata Ning Ita.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria saat foto bersama para Lansia, Minggu 16 Juni 2019, di Taman Kehati, jalan Raya Ijen – Kota Mojokerto.


Ning Ita pun berharap,  melalui lomba menulis surat untuk Wali Kota juga lomba busana muslim ini dapat meningkatkan produktivitas masyarakat Kota Mojokerto khususnya para Lansia di Kota Mojokerto.

“Dengan lomba kreasi daur ulang ini diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya recycling life style. Yaitu, gaya hidup yang memanfaatkan barang tidak terpakai (sampah) menjadi produk baru yang mempunyai nilai seni dan ekonomi dengan sentuhan kreativitas", jelas Ning Ita penuh harap.

Ning Ita menambahkan, bahwa lomba kreasi daur ulang menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk mengurangi sampah, sekaligus sebagai media agar masyarakat dan khususnya generasi muda lebih tertarik untuk berpartisipasi dan terlibat dalam kreasi daur ulang.

Menurut Ning Ita, para Lansia dalam menyongsong masa tuanya haruslah terus memiliki semangat yang tinggi dan berdaya guna. Menutup sambutan sekaligus arahannya, Ning Ita berdo'a agar warga Lansia di Kota Mojokerto akan senantiasa diberi kesehatan dan keberkahan untuk terus berkarya. *(na/kha/Hms/HB)*