Jumat, 07 Juni 2019

Sidak Ke Rutan K4 Ditolak, Ombudsman Akan Surati KPK

Baca Juga

Skema proses kunjungan di Rutan K4 KPK, jalan Setiabudi – Jakarta Selatan.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Untuk memastikan pelayanan publik tetap berjalan maksimal saat libur Lebaran Idul Fitri 1440 Hijjriyah, maka pada Jum'at (07/06/2019) pagi, Ombudsman Republik Indonesia (ORI) melakukan Sidak (inspeksi mendadak) yang salah-satu sasarannya adalah Rutan (rumah tahanan) K4 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Namun, Sidak Ombudsman ke Rutan K4 yang berlokasi di belakang Gedung Merah Putih KPK tersebut mendapat penolakan dari pihak Rutan KPK. Menurut anggota ORI Adrianus Meliala, 'penolakan halus' itu karena ijin yang diberikan dari Direktorat KPK dianggap terlalu lama.

"Tampaknya line of command-nya lama sekali ya. Kita gak bisa nunggu. Apakah itu jawaban menolak halus? Atau, ya menolak halus lah...!", kata Adrianus di Rutan K4 KPK, jalan Setiabudi – Jakarta Selatan, Jumat (07/06/2019) pagi.

Salah-satu suasana saat Ombudsman RI akan melakukan Sidak, Jum'at (07/2019) pagi, di Rutan K4 KPK, jalan Setiabudi – Jakarta Selatan.


Adrianus mengungkapkan, bahwa Ombudsman baru bisa melakukan Sidak di Rutan K4 KPK setelah mendapat jawaban dari pihak Direktorat.

"Katanya, bisa atau tidaknya akan diberikan jawabannya nanti. Cuma, 'nanti'-nya itu kan gak tahu kapan. Sementara kita bilang menolak secara halus", ungkap Adrianus.

Terkait itu, nantinya Ombudsman akan mengirimkan surat ke Direktorat KPK. "Kami akan kirim surat", tegas Adrianus Meliala.

Seperti diketahui, Untuk memastikan pelayanan publik tetap berjalan maksimal saat libur Lebaran Idul Fitri 1440 Hijjriyah, maka pada Jum'at (07/06/2019) pagi sekitar pukul 09.00 WIB tim ORI tiba di Rutan K4 KPK untuk melakukan Sidak atas kondisi Rutan.

Setiba di lokasi, Adrianus Meliala Anggota ORI lainnya sempat meminta izin kepada petugas dan penjaga Rutan K4 KPK untuk melakukan Sidak. Namun, hingga sekitar pukul 09.30 WIB, mereka tidak mendapat jawaban dari pihak Rutan K4 KPK.

Informasi dari petugas ORI, hari ini (Jum'at 07 Juni 2019) ORI akan melakukan Sidak ke-7 (tujuh) kantor pelayanan publik. Antara lain Rutan kelas satu K4 KPK Kuningan – Jakarta Selatan, Polsek Kuningan, Puskesmas Cempaka Putih, Rutan Pondok Bambu, Polsek Pulogadung, terminal Pertamina Plumpang, RSUD Koja dan Damkar Tanjung Priok.

Tempat pertama menjadi sasaran Sidak adalah Rutan K4 KPK yang berlokasi di belakang Gedung Merah Putih KPK jalan Kuningan Persada – Jakarta Selataan. *(Ys/HB)*