Rabu, 20 Mei 2020

Kontak Dengan Pasien 04 Positif Covid–19, 4 Warga Kota Mojokerto Akan Di Swab Ulang

Baca Juga


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pasca anak perempuan pasien positif 04 Kota Mojokerto terkonfirmasi positif Covid–19, sebanyak 4 (empat) orang yang kontak erat dengan pasien positif 04 akan di swab ulang. Tindakan Ini dilakukan, setelah 7 (tujuh) orang yang kontak erat dengan pasien positif 04, hasil tes cepat menunjukkan reaktif.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kota Mojokerto yang juga menjabat Kepala Dinas Perhubungan Pemkot Mojolerto serta Plt. Kepala Dinas Kominfo Pemkot Mojokerto Gaguk Tri Prasetya mengungkapkan, pasien positif 05 adalah perempuan warga Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto yang bekerja di sebuah perusahaan telekomunikasi di Kota Surabaya. “Minggu kemarin dinyatakan positif", ungkap Gaguk, Rabu (20/05/2020).

Selanjutnya, tim tracing melakukan tes cepat untuk 7 orang yang kontak erat dengan pasien positif 04. Menyusul, hasil tes swab anak pasien positif 04 keluar pada Selasa (19/5/2020) kemarin terkonfirmasi positif. Atas peristiwa tersebut, Tim tracing kemudian akan melakukan tes swab terhadap 4 orang yang kontak erat dengan pasien positif 05.

“Yang lain hari ini di swab, karena kemarin belum semua di swab empat orang yang berhubungan erat dengan pasien (pasien positif 04). Saat ini keduanya dikarantina di Rusunawa dan kondisi tidak ada gejala klinis. Mereka dalam pengawasan medis di Rusunawa. Tiap lantai beda-beda, tentu saja positif di lantai yang sama", jelas Gaguk.

Gaguk menandaskan, ada tim medis yang berjaga selama 14 hari dalam satu kali shift dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Ditandaskannya pula, bahwa dua orang itu betul-betul dikarantina dengan tindakan medis yang diperlukan.

“Satu shift terdiri dari satu dokter, dua perawat, dua bidan, dua tenaga administrasi, tiga layanan tambahan yang berjuang selama 14 hari dan akan dipindahkan menggantikan tim baru dengan susunan yang sama. Semua ada 4 tim. Setiap hari dipantau, tim sudah bisa mengambil keputusan. Dirawat atau diberikan tindakan apa? Tim yang memutuskan", tandasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto kembali mengeluarkan data perkembangan kasus virus corona (Covid-19). Yang mana, Peta Sebaran Covid–19 di Kota Mojokerto per tanggal 19 Mei 2020 bertambah 1 pasien sehingga menjadi 5 (lima) pasien positif Covid–19.

Pasien positif 05 adalah anak dari pasien positif 04, warga Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto yang merupakan karyawati sebuah perusahaan telekomunikasi di Kota Surabaya. *(DI/HB)*