Senin, 19 April 2021

Penggugat Ketum APKOMINDO Diduga Gunakan Dokumen Palsu

Baca Juga


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO) Soegiharto Santoso mengungkapkan rasa keprihatinannya atas penggunaan dokumen yang diduga dipalsukan dalam proses persidangan di pengadilan. 

Ketua Umum APKOMINDO yang akrab dengan sapaan "Hoky" ini menjelaskan, PN Jakarta Selatan dan PT DKI Jakarta sepertinya kurang teliti dan khilaf dalam memutuskan gugatan DPP hasil Munaslub Apkomindo 2015 terhadap DPP Apkomindo hasil Munas Solo 2012 dan hasil Munas Jakarta 2015 yang berlangsung sesuai AD dan ART APKOMINDO. Gugatan perkara nomor: 633/Pdt.G/2018/PN JakSel ini sendiri, berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan Hakim Ketua H. Ratmoho, SH., MH. 

Dalam putusannya, pengugat Rudy Dermawan Muliadi dan Faaz Ismail dinyatakan sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal DPP APKOMINDO Masa Bakti 2015-2020 berdasarkan Keputusan Munaslub APKOMINDO di Jakarta pada tanggal 02 Februari 2015. 

Padahal, menurut Hoky, Munaslub versi APKOMINDO 2015 tidak sesuai dengan AD/ART APKOMINDO dan tidak dihadiri 2/3 DPD APKOMINDO, karena tidak ada satu pun DPD APKOMINDO yang hadir, termasuk DPD APKOMINDO DKI Jakarta yang saat itu dijabat Nana Osay selaku Ketua dan Faaz Ismail selaku Sekretaris.

"Bahkan, pada saat Munaslub 2015 tersebut, Faaz Ismasil sendiri tidak hadir. sehingga aneh jika dia terpilih sebagai Sekretaris Jenderal DPP APKOMINDO", ungkap Hoky. 

Belum lagi dari bukti pemberitaan dan dari email pemberitahuan serta fakta foto-foto yang beredar di tahun 2015, Rudi Rusdiah adalah Ketua Umum dan Rudy Dermawan Muliadi sebagai Sekretaris Jenderal. 
 
Bahkan, menurut Hoky, Rudi Rusdiah justeru menjadi Saksi di persidangan perkara nomor: 633/Pdt.G/2018/PN JakSel. Yang mana, ia menerangkan kepada Majelis Hakim, bahwa fakta yang sebenarnya adalah dirinya justeru menyadari kesalahannya dan memilih berpihak ke Munas APKOMINDO yang sah yakni Ketua Umumnya Soegiharto Santoso.


Ironisnya, saat Soegiharto Santoso selaku Ketum APKOMINDO yang sah ingin melakukan upaya hukum banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, ternyata putusannya adalah 'Menguatkan Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang dimohonkan banding tersebut'.

Padahal, faktanya Soegiharto Santoso terpilih secara sah pada saat Munas Apkomindo 2015 yang diselenggarakan pada tanggal 13 sampai dengan 15 Februari 2015 dan dihadiri oleh lebih dari 2/3 DPD APKOMINDO. 

Sebelumnya SK KUMHAM RI tahun 2012 yang telah mereka gugat di PTUN, pihak mereka kalah terus hingga di tingkat kasasi di MA. 

Sementara itu, untuk menghadapi gugatan tersebut, Hoky melaksanakan press conference di ruang serbaguna LSP Pers Indonesia usai pelatihan asesor kompetensi di ruang Serba Guna LSP Pers Indonesia Jakarta. 

Dalam kesempatan tersebut, Hoky memaparkan kronologis perkara hukum Apkomindo yang telah berproses sejak awal tahun 2011. Yakni, sejak kepengurusan Suhanda Wijaya dan Setyo Handoyo dibekukan secara sewenang-wenang oleh Dewan Pertimbangan Asoisasi (DPA) Apkomindo, selanjutnya, sejak tahun 2013 mulai ada gugatan dari DPA Apkomindo di PN JakTim dengan perkara nomor: 479/Pdt.G/2013/PN.Jkt.Tim, dengan putusan: "Menyatakan Gugatan Penggugat Tidak Dapat Diterima" dan selanjutnya melakukan upaya banding dengan putusan PT DKI Jakarta nomor: 340/PDT/2017/PN.DKI, dengan putusan: “Menguatkan Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur".

Selanjutnya, melakukan upaya kasasi ke MA tertanggal 21 September 2020. Yang mana, dalam surat Memori Kasasinya tertuliskan, antara lain yang terpilih pada Munaslub 2015 adalah Ketua Umum Rudi Rusdiah, Sekjen Rudy Dermawan Muliadi, Bendahara Suharto Juwono, periode 2015-2020. 

Hoky mengungkapkan, ketika proses gugatan tersebut masih dalam proses, ternyata ada lagi gugatan di PN Jaksel dengan menggunakan data diduga palsu tersebut di atas. Untuk itu, pihaknya saat ini melakukan upaya kasasi ke MA. 

Hoky mengungkapkan, di dalam surat kontra memori kasasi tertanggal 15 Maret 2021 yang ditanda-tangani pengacara kondang Otto Hasibuan, Sordame serta Kartika Yustisia Utami disebutkan, yang terpilih dalam Munaslub Apkomindo 2015 adalah Ketua Umum Rudy D Muliadi dan Sekjen Faaz Ismail.  Sementara dalam perkara No. 218/Pdt.G/2020/PN Jkt.Pst, dalam surat Eksepsi dan Jawaban Otto Hasibuan cs menyebutkan, Ketua Umum Rudi Rusdiah dan Sekjen Rudy Dermawan.

“Hal ini membuktikan secara  terang benderang dalam dokumen akta otentik di pengadilan, terjadi dugaan pemalsuan keterangan yang bebeda", ungkap Hoky.

Hoky menegaskan, dari 3 (tiga) perkara tersebut menjadi terungkap, bahwa terdapat 3 (tiga) versi berbeda hasil Munaslub Apkomindo 2015 dan digunakan untuk 3 (tiga) Peradilan. Yaitu, di PN JakTim sedang proses kasasi, di PN Jaksel sedang proses kasasi dan di PN JakPus sedang proses persidangan,

Sementata ada versi lainnya lagi yang terdapat pada Tabloid Bulanan Apkomindo No. 1/ Februari 2017 yang tertuliskan susunan pengurus asosiasi DPP Apkomindo 2016-2019. 

“Pihak lawan memang pandai merekayasa hukum, dimana saya sempat pula dikriminalisasi dan ditahan selama 43 hari dan disidangkan di PN Bantul sebanyak 35 kali atas laporan polisi kelompok mereka di Bareskrim Polri, namun hasilnya saya dibebaskan dan dinyatakan tidak bersalah, termasuk upaya JPU Ansyori, SH melakukan upaya kasasi telah ditolak oleh MA,” urainya. 

Hoky menandaskan, meskipun pihak lawan menggunakan jasa Advokat dan Konsultan Hukum OTTO HASIBUAN & ASSOCIATES, Hoky menghadapinya sendiri tanpa didampingi oleh pengacara. *(HB)*