Kamis, 04 Oktober 2018

OTT Wali Kota Pasuruan, KPK Amankan Barang Bukti Uang Rp. 120 Juta

Baca Juga

Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Kota JAKARTA - (harianbuana.com).
Tim Satuan Tugas (Satgas) Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan Wali Kota Pasuruan Setiyono dan 5 (lima) orang lainnya beserta barang bukti uang sejumlah Rp.120 juta melalui kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT), Kamis (04/10/2018).

Diduga, barang bukti uang sejumlah Rp. 120 iti merupakan bagian komitmen fee terkait proyek di Pasuruan. "Tim mengamankan uang setidaknya Rp 120 juta", ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di kantor KPK jalan Kuningan Persada - Jakarta Selatan, Kamis (04/10/2018).

Saat ini, ke-6 orang itu diamankan Tim Satgas Penindakan KPK untuk menjalani pemeriksaan awal secata intensif di Markas Kepolisian Resort Kota (Mapolresta) Pasuruan - Jawa Timur. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum mereka.

"Ada kepala daerah, pejabat setempat dan pihak swasta yang sedang dimintakan keterangan lebih lanjut. Berikutnya akan dipertimbangkan untuk membawa pihak-pihak yang relevan dan dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut ke kantor KPK di Jakarta", terang Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat di konfirmasi di kantor KPK jalan Kuningan Persada - Jakarta Selatan, Kamis (04/10/2018) sore.

Selain mengamankan Wali Kota Pasuruan Pasuruan dan 5 orang lainnya serta barang bukti uang sejumlah Rp. 120 juta, Tim Satgas Penindakan KPK juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti perbankan dalam operasi super senyap ini.

"Jumlah uang sedang dihitung. Pemberian tersebut diindikasikan terkait dengan proyek yang dianggarkan tahun 2018 ini," kata Febri

Penindakan dilakukan, lantaran KPK mendapatkan informasi dari masyarakat diduga akan terjadi transaksi suap dari pihak swasta kepada Wali Kota Malang Setiyono.

"Setelah KPK lakukan kroscek di lapangan, diduga telah terjadi transaksi pemberian pada penyelenggara negara di sana, sehingga diamankan sekitar 6 orang", jelas Febri Diansyah.

Bersama dengan Setiyono dan lima orang lainnya, KPK juga turut mengamankan uang yang diduga digunakan sebagai suap. Selain itu, diamankan juga sejumlah barang bukti perbankan dalam operasi senyap ini. *(Ys/DI/Red)*


BERITA TERKAIT :
> KPK Konfirmasi OTT Wali Kota Pasuruan