Selasa, 21 April 2020

Respon Khofifah Atas Hoaks Sembako Gratis Yang Membuat Warga Berkerumun Di Lumbung Pangan Jatim

Baca Juga

Gubernur Khofifah di Lumbung Pangan Jatim di JX International Surabaya, Selasa 21 April 2020.


Kota SURABAYA – (harianbuana.com).
Ratusan warga Jawa Timur (Jatim) sempat termakan isu 'hoaks tentang pembagian Sembako Gratis' di Lumbung Pangan Jatim yang digelar di JX International Surabaya.

Atas isu hoaks tersebut, mereka pun hingga nekad berkerumun seolah tak mempedulikan lagi adanya virus corona atau Corona Virus Disease - 2019 yang mewabah demi 'Sembako Gratis'.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menegaskan, kabar pembagian Sembako Gratis di Lumbung Pangan Jatim itu merupakan hoaks. Ditegaskannya pula, tidak ada Sembako Gratis yang dibagikan.

"Saya ingin mengajak kepada kita semua, dari yang disampaikan oleh Pak Dirut PWU bahwa ada beberapa yang tadi tanya konfirmasi bahwa gratis semua. Mohon dengan sangat ini adalah untuk kepentingan perlindungan warga Jawa Timur", kata Khofifah saat soft launching Lumbung Pangan Jatim di JX International Surabaya, Selasa 21 April 2020.

Khofifah menerangkan, Lumbung Pangan Jatim merupakan sentra distribusi pangan dengan harga murah. Bukan untuk dibagikan secara gratis.

"Berikan kesempatan masyarakat untuk mengakses. Hindari kemungkinan hal yang tidak kita inginkan. Oleh karena itu, kembali kita ingin menyampaikan bahwa Lumbung Pangan Jawa Timur ini sentra distribusi pangan. Jadi bukan barang gratisan. Tolong disampaikan kepada seluruh masyarakat", terang Khofifah

Ditandaskannya, masyarakat agar tidak panic buying kemudian memborong sembako yang ada di Lumbung Pangan Jatim. Ditegaskannya pula, bahwa Sembako murah di Lumbung Pangan Jatim ini bisa dinikmati masyarakat lainnya.

"Hari ini, biasanya masyarakat ke pasar-pasar tradisional, di sana padat karena mereka sudah mau memasuki Bulan Ramadhan. Besok rata-rata masyarakat ramai ke pasar tradisional sebelum Ramadhan beber Khofifah", tandasnya.

Khofifah berharap, Lumbung Pangan Jatim yang kali ini digelar mulai Selasa 21 April 2020 hingga Selasa 21 Juli 2020 mendatang dan tengah disiapkan digelar di Malang, bisa di akses masyarakat tanpa keluar rumah lantaran 'Free Ongkir Radius 20 Km'.

"Kita ingin memastikan Lumbung Pangan Jatim buka dari 21 April sampai 21 Juli. Masyarakat bisa memanfaatkan akses, mudah-mudahan ini bisa menjadi bantalan ekonomi. Tak perlu keluar rumah, mereka dapat harga murah yang free ongkir radius 20 Km. Kita siapkan Lumbung Pangan kedua di Malang. Kita ingin melayani semaksimal mungkin warga Jatim", pungkasnya. *(DI/HB)*