Kamis, 17 Maret 2022

RUPS, Gubernur Khofifah Apresiasi Kinerja Keuangan Bank Jatim Tahun 2021

Baca Juga


Salah-satu suasana RUPS Bank Jatim Tanun 2021 di ruang Bromo lantai 5 Kantor Pusat Bank Jatim, Kamis (17/03/2022) pagi.


Kota SURABAYA – (harianbuana.com).
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi kinerja positif Bank Jatim yang pada tahun buku 2021 bisa tumbuh positif dengan kenaikan total aset sebesar 20,45% dari tahun sebelumnya. Yang mana, total aset Bank Jatim tahun 2021 mencapai Rp. 100,723 trilliun.

Hal itu disampaikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menyampaikan sambutan sekaligus arahan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Jatim Tanun 2021 di ruang Bromo lantai 5 Kantor Pusat Bank Jatim pada Kamis (17/03/2022) pagi.

Dalam rapat tersebut, orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini juga mendorong agar Bank Jatim tidak hanya untuk menjadi 'profit institution', melainkan juga bisa menggairahkan sektor ekonomi di daerahnya, dengan turut membantu penyaluran kredit guna penguatan ekspansi sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Secara umum kinerja keuangan Bank Jatim pada tahun 2021 relatif stabil, sementara kendala-kendala pada pandemi Covid-19 ini luar biasa", ungkap Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menyampaikan sambutan sekaligus arahan pada RUPS Bank Jatim Tanun 2021 di ruang Bromo lantai 5 Kantor Pusat Bank Jatim, Kamis (17/03/2022) pagi.

Tak hanya aset yang meningkat, dana dari pihak ketiga juga mengalami kenaikan sebesar 21,52%. Demikian juga halnya dengan giro yang mengalami kenaikan 22,94% serta tabungan yang mengalami kenaikan 8,85%. 

Begitu juga dengan deposito dan kredit yang diberikan juga mengalami kenaikan masing-masing sebesar 32,14% dan 3,06%. Adapun perolehan laba bersih Bank Jatim pada tahun buku 2021, naik 2,29% dari tahun 2020. 

"Saya ingin menyampaikan, bahwa laba bersih Bank Jatim ini di atas bank pembangunan daerah lainnya. Dari posisi produktivitas, yang baik memang masih harus terus ditingkatkan di beberapa sisi yang lain", ujar Gubernur Khofifah.


Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat berswafoto bersama pejabat Bank Jatim dan pemegang saham, usai RUPS Bank Jatim Tanun 2021 di ruang Bromo lantai 5 Kantor Pusat Bank Jatim pada Kamis (17/03/2022) pagi.


Dari segi membangkitkan UMKM, Bank Jatim telah melakukan percepatan penyaluran Dana Bergulir. Realisasi penyaluran Dana Bergulir Bank Jatim per Februari 2022 mencapai Rp 506,756 miliar untuk 12.633 debitur.

“Kita terus dorong agar Bank Jatim mampu menjadi institusi yang membantu UMKM kita untuk bangkit lewat percepatan penyaluran dana bergulir dan kredit", cetusnya.

Menurut Gubernur Khofifah, prestasi yang patut diapresiasi dari kinerja Bank Jatim adalah rasio keuangan meliputi CAR/Capital Adequacy Ratio, ROA/Return On Asset, ROE/Return On Equity, NIM/Net Interest Margin juga mengalami kenaikan.  

Rasio CAR naik yaitu lebih dari dan sama dengan 8 %, ROA lebih dari 1,25 %, ROE lebih dari 17,50 %, NIM mengalami kenaikan lebih dari 2 %. 

Sedangkan untuk NPL/Non Performing Loan dan LDR/Loan to Deposit Rasio masih berada pada posisi di bawah benchmark yaitu NPL masih di bawah 5 % dan rasio LDR berada diatas 78 % dan kurang dari sama dengan 100 %.

Pada kesempatan ini, Gubernur Perempuan Pertama di Provinsi Jawa Timur ini berpesan agar Bank Jatim dapat  terus melakukan perbaikan manajemem perkreditan melalui evaluasi berkala setiap resiko kredit yang terjadi serta mengantisipasi gejala-gejala resiko di masa mendatang.

Gubernur Khofifah pun berpesan, bahwa hari ini dan yang akan datang, daya saing lembaga keuangan akan semakin tinggi. Maka Bank Jatim harus dapat  meningkatkan efisiensi dan efektifitas operasional sehingga rasio Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO) dapat dijaga pada angka yang ideal dan sehat.

"Kunci utama dalam industri perbankan adalah kepercayaan dan kehati-hatian, tidak bosan saya berpesan bahwa kepercayaan itu mahal harganya", pesannya.

Selain itu, Gubernur Khofifah secara khusus juga mewanti-wanti agar Bank Jatim ikut serta dalam upaya-upaya inisiatif menjaga lingkungan demi masa depan bumi yang lebih baik. Dengan demikian, mengartikan Bank Jatim turut mengimplementasikan green branding.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan berbagai upaya, yaitu penerapan digital banking product & solution melalui menghadirkan fitur pembukaan rekening bank secara online dan memperbanyak mesin ATM cardless, juga dengan menerapkan digital workplace yaitu menerapkan aplikasi dokumen digital.

"Menyambut kesempatan Indonesia yang menjadi presidensi G20 yang mengangkat beberapa isu strategis yaitu transformasi digital dan ekonomi, serta transisi energi berkelanjutan. Transformasi digital ini menjadi kunci untuk dapat bersaing dengan bank-bank lain", tegasnya. 

Sementara itu Dirut Bank Jatim Busrul Iman bersyukur pelaksanaan RUPS Tahun buku 2021 telah berjalan dengan baik dan diterima oleh seluruh pemegang saham. Ia berharap, ke depan Bank Jatiam akan mampu tumbuh berkembang dan berprestasi lebih baik.

"Alhamdulillaah pada hari ini telah kita simak bersama RUPST 2021 di tahun ini telah berjalan dengan baik semua mata acara juga telah diterima dengan baik eh seluruh nya dan tentu ini  awal yang baik untuk bank Jatim ke depannya bisa tumbuh dengan lebih baik bisa eksis dan bisa memperoleh suatu prestasi yang lebih baik lebih membanggakan di tahun ini dan tahun ke depannya", ucapnya.

Turut hadir dalam RUPS Bank Jatim kali ini Prof. Mas'ud dan Prof. Candra Fajri Ananda selaku Komisaris Independen, Heru Tjahjono selaku Komisaris, Dirut Bank Jatim Busrul Iman dan Dir. Kepatuhan dan Manajemen Resiko Bank Jatim.

Tampak hadir juga Walikota Surabaya, Walikota Pasuruan, Walikota Batu, Bupati Banyuwangi, Bupati Lamongan, Bupati Malang, Bupati Mojokerto, Bupati Magetan, Bupati Situbondo, Bupati Trenggalek, Bupati Tuban, Bupati Sampang, Plt. Bupati Nganjuk, Wakil Bupati Pasuruan, Sekda Kota Mojokerto, Sekda Kab. Probilinggo, Ka. BPKAD Kota Probolinggo.

Sementara OPD pendamping yang hadir yaitu Assisten 2 Setdaprov Jatim, Karo Perekonomian Setdaprov Jatim serta Pemimpin Divisi Bank jatim. *(DI/HB)*