Jumat, 23 Desember 2022

Amankan Nataru, Polres Mojokerto Kerahkan 725 Personil Operasi Lilin Semeru 2022

Baca Juga

Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar dan Tim Gabungan (Polri, TNI, Pemda serta lembaga mitra Kamtibmas saat  mengecek kesiapan personel di lapangan Mapolres Mojokerto Jum’at (23/12/2022) pagi.


Kab. MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Polres Mojokerto menggelar apel pasukan Operasi Lilin Semeru tahun 2022. Apel gelar pasukan yang berlangsung di lapangan Mapolres jalan Gajah Mada Mojosari ini dalam rangka mengecek kesiapan dan pengerahan personel untuk mengamankan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Sedikitnya ada 725 personel gabungan dari kepolisian, TNI, Pemda serta lembaga mitra Kamtibmas lainnya diterjunkan untuk mengamankan libur Nataru ini. Polisi juga mendirikan 5 pos pengamanan (Pospam) dan 1 pos pelayanan (Posyan) yang telah tersebar di wilayah hukum Polres Mojokerto.

Pemeriksaan dan pengerahan personel untuk mengamankan libur Nataru itu dipimpin langsung Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar beserta  Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati serta  Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuhroh, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Mojokerto Gaos Wicaksono beserta segenap anggota Forkopimda lainnya. 

Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar menekankan beberapa point perhatian dalam rangka pengamanan natal 2022 dan tahun baru 2023. Ditegaskannya, bahwa sesuai petunjuk Kapolri, satuan anggota kepolisian diterjunkan untuk memperketat pengamanan berbagai bidang. 

"Mulai kondusifitas lingkungan, lalu lintas jalan raya, risiko bencana alam, ketersediaan bahan-bahan pokok maupun BBM, hingga kewaspadaan terhadap varian baru virus Covid-19", tegas Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar saat ditemui di Mapolres Mojokerto jalan Gajah Mada, Mojosari, Jum’at (23/12/2022) pagi.

Kapolres Mojokerto menjelaskan, bahwa Operasi Lilin Semeru 2022 ini dilaksanakan selama 11 hari dimulai hari Jum’at  tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023.

“Operasi ini akan menyasar tempat perayaan Natal (Gereja), tempat-tempat hiburan atau wisata, perbankan, jalur jalan utama, SPBU, penampungan gudang kebutuhan pokok dan tempat rawan kriminalitas di wilayah Kabupaten Mojokerto", jelas AKBP Apip Ginanjar.

Apip kembali menjelaskan, dalam libur Nataru ini,  diperkirakan akan ada mobilisasi 44 juta warga masyarakat. Terkait itu, salah-satu potensi gangguan yang mungkin timbul adalah lonjakan Covid varian baru yang lebih cepat menular.

Oleh sebab itu, pihaknya menghimbau supaya masyarakat untuk vaksin booster dan tetap menjalankan protokol kesehatan serta memaksimalkan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi. 

"Kemudian ancaman terorisme juga patut diwaspadai, lakukan penjagaan ketat di tempat-tempat rawan serta rumah ibadah. Demikian juga dengan ketersediaan barang-barang serta BBM, mohon agar melakukan monitoring Satgas", tegas Kapolres Mojokerto.

Pada apel pemeriksaan personil ini, Kapolres Mojokerto juga mengajak personel yang bertugas untuk bersama-sama melaksanakan Operasi Lilin Semeru 2022 ini dengan rasa tanggung jawab.

"Mari sama-sama kita laksanakan Operasi Lilin Semeru 2022 dengan rasa tanggung jawab, karena ada kepercayaan Negara yang diberikan kepada kita untuk menjaga Kamtibmas dan Kamseltibcar serta juga melaksanakan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan penerapan Prokes", ajak Kapolres. *(get/DI/HB)*