Jumat, 02 Desember 2022

Lantik 306 Kasek, Gubernur Khofifah: Harus Memiliki Karakter IKI

Baca Juga


Gubernur Khofifah saat menyampaikan sambutan sekaligus arahan dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Kepala Sekolah di Lingkungan UPT Satuan Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Jumat 02 Desember 2022.


Kota SURABAYA – (harianbuana.com).
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa  menekankan setiap kepala sekolah harus selalu siap dan mampu menjawab tantangan jaman. Hal ini sampaikan Gubernur Khofifah usai melantik 306 Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB di lingkungan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Satuan Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim di Surabaya, Jumat 02 Desember 2022.

"Untuk itu kepala sekolah harus berani berinisiatif, wajib berkolaborasi dan melakukan inovasi-inovasi untuk kemajuan pendidikan di lembaga yang dipimpin. Dengan kata lain harus memiliki karakter IKI, yaitu inisiatif, kolaborasi dan inovasi",  kata Gubernur Khofifah usai melantik 306 Kepala Sekolah di lingkungan UPT Satuan Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim di Surabaya, Jumat (02/12/2022).

Gubernur Khofifah menegaskan, sebagai seorang pimpinan lembaga pendidikan, kepala sekolah ibarat motor penggerak. "Kepala sekolah harus mampu mengoordinasikan, menggerakkan, mengambil keputusan dan juga memberikan teladan bagi seluruh warga sekolah yang dipimpin", ujar Gubernur Khofifah.

Gubernur Perempuan Pertama di Provinsi Jawa Timur ini menjelaskan, kebutuhan kolaborasi saat ini harus dibangun baik secara vertikal maupun horisontal, baik dengan pemerintah maupun  dengan sektor swasta. Oleh sebab itu, dia menilai pentingnya membangun "strong collaboration &  partnership". Gubernur Khofifah pun menekankan pentingnya pendidikan karakter bagi seluruh siswa. 

"Karena dengan bangunan karakter yang kuat akan mampu membentuk siswa menjadi pribadi-pribadi yang kuat pula. Yaitu karakter sebagai pribadi yang berintegritas, memiliki nasionalisme untuk membangun kolaborasi yang kuat", tutur Gubernur Khofifah.

Orang nomor satu di lingkungan Pemprov Jatim ini pun berpesan agar kepala sekolah senantiasa mendoakan para siswanya agar menjadi siswa yang sukses, bermanfaat ilmunya dan yang senantiasa menghormati orang tua dan gurunya. 

"Karena doa menjadi hal penting yang mampu mengawal dan mengantarkan anak-anak meraih sukses", tandas Gubenrur Khofifah. *(DI/HB)*