Selasa, 07 Februari 2023

Ning Ita Bersama Ribuan Warga Kota Mojokerto Hadiri Puncak Peringatan Harlah 1 Abad NU Di Sidoarjo

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari hadir pada acara puncak peringatan Harlah 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur, Selasa (07/02/2023).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama 1.600 warga Nahdliyin Kota Mojokerto menghadiri puncak peringatan Hari Lahir (Harlah) 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Stadion Gelora Delta Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur. Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan Ning Ita ini tiba di lokasi acara pada Selasa (07/02/2023) dini hari, sekitar pukul 04.00 WIB.

"Warga Kota Mojokerto yang berangkat ke Sidoarjo sejumlah 1.600 orang, untuk bermunajat bersama-sama, bertemu dengan saudara-saudara kita yang hadir di resepsi 1 Abad Nahdlatul Ulama", kata Ning Ita.

Wali Kota Perempuan Pertama di Kota Mojokerto yang juga menjabat Ketua Pengurus Cabang (PC) Muslimat NU Kota Mojokerto tersebut mengikuti satu demi satu rangkaian acara puncak peringatan Harlah 1 Abad NU mulai dari Ijazah Kubro, Sholat Subuh Berjama'ah hingga Istiqhosah Kubro sebelum kedatangan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.


Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju hadir pada puncak peringatan Harlah 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur, Senin (07/02/2022).


Sekitar pukul 06.45 WIB, Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di lokasi acara didampingi jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju. Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo di antaranya menyampaikan apresiasi atas peran dan kontribusi NU untuk Bangsa Indonesia selama ini.

"Selama 1 Abad, NU telah memberikan warna yang luar biasa untuk ibu pertiwi Indonesia, ke Islaman dan ke Indonesiaan, persatuan dan kesatuan serta kerukunan dalam keberagaman", tutur Presiden RI Joko Widodo.

Presiden RI Joko Widodo berharap, memasuki ke-2, NU akan tumbuh semakin kokoh menjadi teladan dalam keberagaman Islam yang moderat, memberikan contoh hidup adab Islam yang baik serta menjunjung akhlakhul karimah dan adat ketimuran.

"Sebagai organisasi Islam terbesar di dunia, NU layak berkontribusi untuk masyarakat internasional dan pemerintah sangat menghargai upaya PBNU untuk ikut membangun peradaban dunia yang lebih baik dan lebih mulia", ujar Kepala Negara.


Lautan manusia memadati Stadion Gelora Delta Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur dalam puncak peringatan Harlah 1 Abad NU, Selasa 07 Februari 2023.


Presiden pun berharap, ditengah gelombang perubahan, NU mampu membaca gerak zaman, perkembangan teknologi dan transformasi ekonomi serta menjaga tatanan sosial yang adil dan beradab.

Sebagai informasi, puncak Harlah 1 Abad NU tersebut digelar selama 24 jam non-stop dengan berbagai kegiatan mulai dari Lailatul Qiro'ah (haflah), Manaqib Syech Abdul Qodir Jaelani, Qiyamul Lail, Ijazah Kubro, Sholat Subuh Berjama'ah, Bersholawat juga Istighosah Kubro.

Kegiatan puncak perayaan Harlah 1 Abad NU di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo tersebut juga dimeriahkan berbagai hiburan yang bernafaskan Islam hingga panggung rakyat. *(Dit/an/HB)*