Kamis, 29 Juni 2023

Sholat Idul Adha 1444 Hijjriyah Di Masjid Agung Al-Fattah, Sekdakot Ajak Warga Kota Mojokerto Hargai Perbedaan

Baca Juga


Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo saat menyampaikan sambutan Wali Kota Mojokerto di Masjid Agung Al-Fattah Kota Mojokerto, Kamis (29/06/2022) pagi.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Mewakili Wali Kota Mojokerto, hari ini, Kamis 29 Juni 2023, Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo mengajak segenap jama'ah sholat Idul Adha 1444 Hijjriyah di Masjid Agung Al-Fattah Kota Mojokerto untuk menghargai dan menghormati perbedaan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijjriyah atau 2023 Masehi.

Sebagaimana diketahui, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 10 Dzulhijjah pada Rabu 28 Juni 2023, sedangkan Kementerian Agama menetapkannya pada Kamis 29 Juni 2023. Perbedaan pelaksanaan hari raya tersebut dilatar-belakangi oleh perbedaan metode perhitungan, yaitu hisab dan rukyat.

“Kedua metode yang digunakan sama-sama memiliki hukum yang kuat dan benar. Untuk itu, kami di jajaran Pemkot Mojokerto berharap agar kita semua dapat mengambil hikmahnya dan merayakan Idul adha dengan khidmat dan tenang", ujar Sekdakot Gaguk Tri Prasetyo menyampaikan sambutan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari usai sholat Idul Adha di Masjid Al-Fattah Kota Mojokerto, Kamis (29/06/2033) pagi.


Salah-satu suasana sholat idul Adha di Masjid Agung Al-Fatah, Kamis (29/06/2023) pagi.


Lebih lanjut, Gaguk berpesan agar masyarakat tidak mudah terpancing atas isu-isu yang kerap menyertai adanya perbedaan ini yang kemudian memecah belah persaudaraan di Kota Mojokerto, sehingga mengganggu ketentraman dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat.

Selain itu, Gaguk juga mengajak para jama'ah untuk berkenan mengirimkan do'a kepada para jama'ah haji, khususnya asal Kota Mojokerto yang totalnya ada 161 jama'ah haji  yang tengah menunaikan Rukun Islam ke-5.

“Mari kita doakan, semoga jama'ah haji Kota Mojokerto mendapat perlindungan ALLAH SWT dan dapat kembali ke tanah air, ke Kota Mojokerto tercinta dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur", ajak Gaguk Tri Prasetyo.

Pada kesempatan ini, Gaguk juga menginformasikan, jika setelah pelaksanaan sholat Idhul Adha ini, Pemmerintah Kota (Pemkot) Mojokerto dengan wali kota, akan menggelar upacara penyerahan hewan kurban di UPT Rumah Potong Hewan Kota Mojokerto. Nantinya, daging hewan kurban akan dibagikan kepada mereka yang berhak, termasuk Pegawai Non ASN di lingkungan Pemkot Mojokerto. *(EL/an/HB)*