Rabu, 24 Januari 2024

Angkutan Umum Mojokerto - Batu Lewat Cangar Resmi Dilaunching

Baca Juga


Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur Nyono serta Pelaksana-tugas (Plt.) Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu Mochamad Agoes Machmoedi saat Launching Trayek Bus AKDP Non Ékonomi Rute Baru Mojokerto – Batu Lewat Cangar, di Terminal Tipe B Kertajaya Kota Mojokerto hari ini, Rabu 24 Januari 2024.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Bus angkutan umum Mojokerto – Batu lewat Cangar, telah resmi dilaunching. Launching trayek bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Non Ekonomi dengan rute tersebut, dilakuan di Terminal Tipe B Kertajaya Kota Mojokerto hari ini, Rabu 24 Januari 2024.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro bersama, Sekretaris Daerah (Sekda)  Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Nyono serta Pelaksana-tugas (Plt.) Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu Mochamad Agoes Machmoedi hadir dalam launching tersebut.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro yang akrab dengan sapaan "Mas Pj." ini mengatakan, dengan  adanya pengembangan pelayanan bus AKDP tersebut merupakan langkah strategis dan solutif bagaimana meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masyarakat dengan menggunakan pendekatan aglomerasi.

"Sekarang sudah bukan jamannya masing-masing daerah harus berkompetisi, tapi berkolaborasi. Dengan adanya rute baru Mojokerto–Batu via Cangar ini, kita berharap akan menjadi pengungkit ekonomi, sehingga masyarakat Mojokerto maupun Batu akan berdampak", kata Mas Pj.

Menurut Mas Pj., hal ini sejalan dengan program Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, bagaimana seluruh daerah bisa terkoneksi, tidak boleh lagi ada daerah yang termarjinalkan.

"Tugas kami Pemerintah Kota/ Kabupaten untuk membuat jejaringnya yang menghubungkan antar kecamatan, kelurahan maupun antar destinasi wisata. Kita harus paksa masyarakat untuk meninggalkan moda transportasi pribadi dan beralih ke moda transportasi masal yang aman, nyaman, murah, dan tepat waktu", ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur Nyono menjelaskan, bus AKDP trayek Mojokerto – Batu via Cangar ini di prakarsai oleh PT. Bagong DKK Makmur menggunakan kendaraan jenis Mitsubishi terbaru dengan rute melewati Terminal Mojokerto, Pasar Dlanggu, Kutorejo, Bundaran Pacet, Cangar, Bumiaji dan Terminal Batu.

"Panjang rutenya 57 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam. Kemudian, interval waktu antar kendaraan itu 1 jam dengan 6 unit kendaraan, berangkat 3 unit pulang 3 unit dengan kapasitas masing-masing unit 12 orang", jelas Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Jawa Timur Nyono.

Ditegaskannya, bahwa Bus AKDP trayek Mojokerto – Batu via Cangar ini akan beroperasi mulai pukul 5 pagi sampai dengan 4 sore dengan tarif promo sebesar Rp. 30.000,– rupiah. 

Terkait keamanan, Nyono memastikan telah dipilih driver yang handal untuk menjamin keamanan dan kenyamanan serta keselamatan penumpang. Selain itu, trayek baru tersebut juga telah dilakukan proses uji coba. *(Diskominfo/SRT/HB)*