Kamis, 25 Januari 2018

Tour De Indonesia, Diikuti 109 Peserta Dari 20 Tim Pebalap Sepeda Dunia

Baca Juga

Sejumlah peserta balap sepeda sepeda Tour De Indonesia 2018 saat melakukan start di etape 1 dikawasan Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (25/01/2018).

Kota MOJOKERTO - (harianbuana.com).
Event internasional bertajuk TOUR de INDONESIA 2018 berjarak 130 Km yang diikuti 109 peserta dari 20 tim pembalap sepeda dunia, termasuk 4 tim pembalap sepeda Indonesia, Jum'at (26/01/2018) pukul 10.00 WIB memulai etape perdana dari empat stage yang dilombakan dalam event tersebut. Etape pertama, start (dimulai) dari kawasan Candi Prambanan di Kabupaten Klaten Jawa Tengah dan berakhir di Alun-alun Kota Ngawi Jawa Timur.

Para tim cyclist itu antara lain berasal dari INDONESIA NATIONAL TEAM (Indonesia /INA); ACC Cycling Team (Indonesia/INA); KFC Cycling Team (Indonesia/INA); PGN Cycling Team (Indonesia/INA); MALAYSIA NATIONAL TEAM (Malaysia /MAS); Terengganu Cycling Team (Malaysia /MAS); Team Sapura Cycling (Malaysia /MAS); JAVA PARTIZAN PRO Cycling Team (Serbia/SRB); INTERPRO CYCLING ACADEMY Team (Jepang/JPN); 7ELEVEN Cycling Team (Filipina/PHI); AISAN Cycling Team (Jepang/JPN) ; Thailand Continental Cycling Team (Thailand/THA); TEAM Mc DONALS DOWN UNDER (Australia/AUS); St. George Continental Cycling Team (Australia/AUS);  NEX CCN (Laos/LAO);  dan Tim ERITRIAN NATIONAL TEAM (Eritrea/ERT).

Terkait itu, untuk suksesnya event kelas dunia tersebut, sejumlah ruas jalan pun akan ditutup secara temporer. "Informasi yang masuk, setelah beristirahat semalam, tim akan melanjutkan etape dua berjarak 117,7 km dari Madiun melewati kawasan Kabupaten Jombang dan finish di Kota Mojokerto pada Jumat (Red: 26/01/2018) sore", terang Kabag Humas dan Protokoler Setdakot Mojokerto Choirul Anwar, Jum'at (26/01/2018) pagi.

Dijelaskannya, bahwa dari hasil koordinasi antar-pihak, rombongan pembalap sepeda TOUR de INDONESIA 2018 akan mendapat pengawalan dari mobil Patwal sepanjang 3 Km didepan posisi pembalap terdepan dan 3 Km dibelakang posisi pembalap terakhir. "Pengawalan ini, mengacu pada standart event balap sepeda internasional", jelas Choirul Anwar.

Informasi terakhir di etape 2, lanjut Choirul Anwar,  konvoi start di Alun-alun Madiun sekitar pukul 13.00 WIB. Diperkirakan memasuki kawasan Saradan pukul 13.38 dan masuk wilayah Jombang di Simpang Mengkreng sekitar pukul 15.00 WIB. "Rombongan pembalap sepeda TOUR de INDONESIA 2018 ditargetkan masuk finish di Kota mojokerto sekitar pukul 16.01 WIB’’, papar terang Kabag Humas dan Protokoler Setdakot Mojokerto Choirul Anwar.

Selain itu, untuk memuluskan pengamanan jalur dikawasan wilayah Kota Mojokerto, sebanyak 258 personel gabungan dari Polresta dibantu Pol PP dan Dishub Pemkot Mojokerto akan bersiaga pada jam yang sama, sekitar pukul 15.00 WIB. "Atas nama Pemkot Mojokerto, kami menghimbau  masyarakat untuk menghindari jalur sepanjang jalan Gajah Mada", himbau Pemkot melalui Kabag Humas Setdakot Mojokerto Choirul Anwar.

Menurut Kabag Humas Setdakot Mojokerto, dari Kota Mojokerto, para peserta masih akan melanjutkan dua etape yang tersisa. Yakni, stage Probolinggo-Banyuwangi (202km) pada 27 Januari 2018 dan Gilimanuk-Denpasar pada 28 Januari 2018. ’’Konvoi event balap sepeda TOUR de INDONESIA ini juga bisa dijadikan wisata bagi warga serta moment pembelajaran bagi pesepeda di Kota Mojokerto", pungkas Choirul Anwar. *(DI/Red)*