Jumat, 24 Agustus 2018

MTQ Ke-5 Kota Mojokerto Tahun 2018, Ajang Gali Potensi Duta Daerah

Baca Juga

Plh. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Mojokerto Choirul Anwar (baju batik biru / kiri), Asissten Administrasi Pemerintahan Abd Rahman Tuwo (baju batik biru / tengah) dan Assisten Administrasi Umum Subambihanto (baju batik biru / kanan) saat mengikuti prosesi pembukaan MTQ ke-5 Kota Mojokerto tahun 2018, Jum'at (24/08/2018), di Gelora Ahmad Yani Kota Mojokerto.

Kota MOJOKERTO - (harianbuana.com).
Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-5 Kota Mojokerto Tahun 2018 dibuka Asisten Administrasi Pemerintahan Setdakot Mojokerto Abdul Rahman Tuwo pada Jum’at 24 Agustus 2018, di Gelora Ahmad Yani Kota Mojokerto. Pembukaan MTQ ke-5 Kota Mojokerto ini diawali dengan barisan drum band disambung dengan defile  dari seluruh peserta MTQ. 

Dalam laporannya, Plh. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Mojokerto Choirul Anwar selaku leading sector kegiatan ini melaporkan, bahwa pelaksanan MTQ di Kota Mojokerto merupakan salah-satu sarana dan prasarana untuk pembinaan mental spiritual melalui pemahaman dan penghayatan terhadap isi dan kandungan Al-Qur’an.

“Pelaksanaan MTQ di Kota Mojokerto bertujuan untuk melestarikan seni budaya baca Al Qur’an, memupuk Ukhuwah Islamiyah, dan menyiapkan calon-calon duta Kota Mojokerto dalam event MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2019 mendatang", lapor Plh. Kabag Kesra Setdakot Mojokerto Choirul Anwar, Jum'at (24/08/2018), dilokasi.

Lebih jauh, dalam laporannya pula, Plh. Kabag Kesra Setdakot Mojokerto Choirul Anwar menjelaskan, bahwa dalam MTQ Kota Mojokerto ke-5 tahun 2018 ini, terdapat 8 (delapan) cabang lomba MTQ yang akan dilaksanakan pada Sabtu (25/08/2018) dibeberapa lokasi yang sudah ditentukan.


Plh. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Mojokerto Choirul Anwar (baju batik biru / kiri), Assisten Administrasi Umum Subambihanto (baju batik biru / tengah) dan
Asissten Administrasi Pemerintahan Abd Rahman Tuwo (baju batik biru / kanan) saat mengikuti prosesi pembukaan MTQ ke-5 Kota Mojokerto tahun 2018, Jum'at (24/08/2018), di Gelora Ahmad Yani Kota Mojokerto.

"Para pemenang lomba MTQ nantinya akan mendapatkan hadiah tropy, uang pembinaan dan piagam penghargaan", jelas Choirul Anwar selaku Plh. Kabag Kesra Setdakot Mojokerto.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Mojokerto Suyitno dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Administrasi Pemerintahan Abd Rahman Tuwo berharap, bahwa MTQ menjadi momen bersilaturahim dan bertatap muka langsung dengan para qori-qoriah, hafidz-hafidzah, para pecinta dan peserta MTQ tingkat Kota Mojokerto.

“Mudah–mudahan kegiatan MTQ ini akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemajuan dan pembangunan Kota Mojokerto, khususnya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pembinaan seni baca tulis al qur’an", harap Wakil Wali Kota Mojokerto Suyitno dalam sambutan tetulisnya yang dibacakan Asisten Administrasi Pemerintahan Abd Rahman Tuwo.

Dalam sambutan tertulisnya, Wakil Wali Kota Mojokerto Suyitno pun berharap, melalui MTQ kali ini bisa menggali bibit-bibit yang handal untuk dipersiapkan di ajang MTQ tingkat Propinsi Jawa Timur di Kabupaten Tuban tahun 2019 mendatang.

“Saya berharap, melalui melalui kegiatan MTQ ke-5 tahun 2018 ini, dapat menghasilkan qori dan qori'ah terbaik Kota Mojokerto yang mampu mengharumkan nama kota Mojokerto hingga ketingkat nasional", harapnya pula.

Ditegaskannya, dengan diselenggarakannya MTQ tiap 2 (dua) tahun sekali ini, tidak dimaknai sebagai sebuah perlombaan dan kegiatan seremonial semata. "Hendaknya MTQ ini tidak hanya menjadi ajang lomba dan kegiatan seremonial belaka, melainkan  merupakan kegiatan sebagai salah-satu upaya menumbuhkan kecintaan masyarakat dan memotivasi generasi muda untuk meningkatkan kualitas hidup, dengan  mempelajari, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi umat manusia", tegas Wakil Wali Kota Mojokerto Suyitno.

Mengakhiri sambutannya, Wakil Wali Kota Mojokerto Suyitno menyampaikan ungkapan rasa terima-kasihnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi untuk menyukseskan MTQ ke-5 Kota Mojokerto tahun 2018 ini.

“Kepada para peserta, saya ucapkan selamat berkompetisi dengan sportif dan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, melalui MTQ ini, mari kita bangun generasi inovatif berkarakter qur’ani yang maju, sehat, cerdas, sejahtera dan bermoral”, pungkasnya.


Peserta MTQ saat mengikuti prosesi pembukaan MTQ ke-5 Kota Mojokerto tahun 2018, Jum'at (24/08/2018), di Gelora Ahmad Yani Kota Mojokerto.

Pantauan media, turut hadir dalam acara pembukaan MTQ ke-5 Kota Mojokerto tahun 2018 ini, segenap jajaran Forkopimda, para Kepala OPD di lingkup Pemerintah Kota Mojokerto, Camat dan Lurah serta para alim ulama dan tokoh masyarakat se Kota Mojokerto.

Dalam kegiatan pembukaan MTQ ke-5 Kota Mojokerto tahun 2018 ini, juga dilakukan penyerahan penghargaan untuk pawai defile MTQ terbaik kategori SD/Mi. Dimana, untuk peringkat 1 di raih SDN Wates 3, peringkat 2 di raih SDN Balongsari 1 dan peringkat 3 di raih SDIT Permata.

Sedangkan untuk kategori SMP/MTs sederajat, peringkat 1 diraih SMP Islam, peringkat 2 di raih SMP Negeri 1 dan peringkat 3 di raih MTs Manbaul Qur'an.

Selain itu, dalam MTQ ke-5 Kota Mojokerto tahun 2018 ini, akan dipertandingkan 8 (delapan) cabang perlombaan yang akan diikuti oleh 333 peserta. Dimana, untuk cabang lomba Tartil Anak akan diikuti oleh 75 peserta yang terdiri dari 25 peserta laki-laki dan 50 peserta perempuan. Sementara 40 peserta yang akan mengikuti cabang lomba Tilawah Anak, terdiri dari 15 peserta laki-laki dan 25 peserta perempuan.

Pada cabang lomba Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) 1 juz tilawah, akan diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari 12 peserta laki-laki dan 13 peserta perempuan. Sedangkan untuk cabang lomba Tilawah Remaja, diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari 15 peserta laki-laki dan 25 peserta perempuan. 

Untuk cabang lomba Tilawah Dewasa akan diikuti oleh 14 peaerta, yang terdiri dari 6 peserta laki-laki dan 8 peserta perempuan. Sedangkan untuk cabang lomba Pidato Anak akan diikuti oleh 20 peserta laki-laki dan 50 peserta perempuan

Untuk cabang lomba Pidato Remaja atau Musbaqoh Syahril Qur’an (MSQ), akan diikuti 45 orang peserta yang terbagi menjadi 15 group. Sedabgkan cabang lomba yang terakhir adalah lomba Kaligrafi (khot), yang akan diikuti oleh 20 peserta laki-laki dan 25 peserta perempuan. 

Tentang tempat lomba MTQ ke-5  Tingkat Kota Mojokerto tahun 2018 ini, akan dilaksanakan dibeberapa tempat yang telah dipersiapkan sebelumnya. Diantaranya, untuk lomba Tartil Anak akan dilaksanakan di Masjid Baitunnur jalan Benteng Pancasila, untuk cabang lomba Tilawah Anak di Masjid Al Ghufron Miji Gg IV, MHQ, untuk MSQ dan Khot di hotel Raden Wijaya jalan Raden Wijaya, untuk cabang lomba Tilawah Remaja dan Tilawah Dewasa akan diselenggarakan di kantor Kementerian Agama Kota Mojokerto, jalan Bhayangkara. Sedangkan lomba Pidato Anak akan dilaksanakan di gedung Dharma Wanita jalan Hayam Wuruk. *(DI/Red)*