Kamis, 10 Januari 2019

Hadiri Peringatan HUT Ke-9 BukaLapak, Presiden Ajak Pengusaha Tingkatkan UMKM Melalui Online

Baca Juga

Salah-satu suasanan saat Presiden RI Joko Widodo saat mengunjungi stand dalam acara peringatan HUT ke-9 BukaLapak, di JCC – Jakarta, Kamis (10/01/2019).

Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Hadir dalam acara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-9 salah satu 'start-up unicorn' Indonesia BukaLapak yang  di gelar di Jakarta Convention Center (JCC) – Jakarta pada Kamis 10 Januari 2019, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo mengajak para pengusaha tingkatkan Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM) melalui Online.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi BukaLapak yang tidak hanya sekadar mengejar profit dan keuntungan saja. “Yang saya lihat, BukaLapak ini adalah organisasi yang memiliki hati, memiliki jiwa, punya misi sosial, jauh di luar hanya sekadar mengejar profit dan keuntungan. Nah inilah saya kira yang menjadi contoh, menjadi teladan kita agar semua pelaku ekonomi digital kita ini meniru dan memiliki semangat yang sama", ujar Presiden RI Joko Widodo, di JCC – Jakarta, Kamis 10 Januari 2019.

Pada kesempatan ini Presiden juga menyampaikan apresiasinya kepada BukaLapak yang kini telah memiliki 4 juta pelapak yang 70 hingga 80 persennya merupakan UMKM. Presiden RI Joko Widodo berharap, agar bisa lebih banyak lagi UMKM yang masuk ke BukaLapak.

“Jumlah UMKM di Indonesia ada 56 juta. Tadi pak Zaky menyampaikan, bahwa sekarang pelapak yang ada di BukaLapak ini ada 4 juta. Ini jumlah yang sangat besar. Tetapi kalau dibandingkan dengan 56 juta, BukaLapak masih punya pekerjaan besar, 52 juta, Pak Zaky", ungkap Presiden sembari melempar senyum khasnya.

Presiden RI Joko Widodo pun mengungkapkan, laporan yang ia terima, BukaLapak tahun ini diseleksi oleh pemerintah untuk menjadi salah-satu penyalur kredit ke UMKM yang namanya Kredit UMi atau Kredit Ultra Mikro. “Ini saya kira sangat bagus sekali. Instrumen kredit ini akan sangat bermanfaat bagi usaha-usaha mikro yang kita miliki", ungkapnya pula.

Dipenghujung sambutannya, Presiden menyampaikan ucapan selamat ulang tahun untuk BukaLapak. Tak lupa, Presiden pun berterima-kasih atas turut-sertanya BukaLapak dalam meningkatkan derajat ekonomi bangsa Indonesia.

“Terima kasih atas kerja kerasnya, atas segala semangat positifnya dalam ikut membangun ekonomi di negara kita Indonesia. Dan juga kepada kita semuanya, selamat tahun baru 2019. Selamat berlapak di 2019 ini", pungkas Presiden RI Joko Widodo.

Usai menyampaikan sambutan, Presiden RI Joko Widodo bersama dengan founder dan CEO BukaLapak Achmad Zaky, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf secara bersama-sama menekan tombol virtual sebagai simbol peluncuran mitra warung BukaLapak.

Tampak hadir juga dalam acara ini yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, dan Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki. *(Ys/HB)*