Selasa, 05 Februari 2019

KPK Segera Ungkap Perkara Dugaan Tipikor Di Papua

Baca Juga

Juru Bucara KPK Febri Diansyah.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang menangani kasus dugaan korupsi proyek dan anggaran di Papua. Saat ini kasusnya masih dalam proses penyelidikan. Hanya saja, untuk sementara ini KPK belum bisa menjelaskan ke publik secara detail terkait kasus dimaksud.

Senagaimana diterangkan Juru Bicara KPK Febri Diansyah, KPK segera mengungkap perkara dugaan dimaksud ke publik jika sudah naik ke tingkat penyidikan.

"Kami sampaikan, bahwa KPK memang sedang mencermati sejumlah dugaan korupsi terkait proyek dan anggaran di Papua. Tentunya, saat ini KPK belum dapat menyampaikan secara spesifik kasus apa", ujar Febri melalui pesan singkat, Selasa (05/02/2019).

Ditegaskannya, tentunya KPK mendukung penuh pembangunan di wilayah Timur Indonesia. Namun, KPK sebagai lembaga penegak hukum juga berkewajiban mencegah dan menindak penyelenggara negara yang terlibat korupsi.

"Jika ada pihak-pihak yang melakukan korupsi, tentu harus diproses. Peran dari masyarakat juga sangat penting, mulai dari melaporkan tindak pidana korupsi juga mengawasi berjalannya aparatur pemerintah", tegasnya.

Saat ini KPK telah menugaskan tim koordinasi dan supervisi pencegahan untuk melakukan perbaikan dan pencegahan korupsi di Papua. Berdasarkan data Monitoring Center for Prevention (MCP) di laman korsupgah.kpk.go.id menunjukkan per 11 Januari 2019, perkembangan pelaksanaan rencana aksi Pemprov Papua sebesar 58%.

"Upaya KPK melakukan pencegahan di sejumlah daerah ini kami lakukan secara serius dalam kerangka mendukung pembangunan di Papua dengan cara mencegah korupsi di berbagai sektor", tandasnya. *(Ys/HB)*