Kamis, 19 September 2019

Wujudkan Ekosistem Wisata Melalui Ekonomi Kreatif, Ning Ita Tanda-tangani MoU Dengan ICCNU

Baca Juga

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama ICCN yang diwakili oleh Ketua ICCN Fiki C. Satari,  saat menanda-tangani MoU di ruang Nusantara, Kantor Wali Kota Mojokerto, jalan  Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto, Rabu 18 September 2019.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menanda-tangani kesepakatan bersama dengan Indonesia Creative Cities Network (ICCN) yang diwakili oleh Ketua ICCN Fiki C. Satari, Rabu 18 September 2019, di ruang Nusantara, Kantor Wali Kota Mojokerto, jalan  Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto.

Dalam sambutannya, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang aktab dengan sapaan "Ning Ita" ini menyampaikan, bahwa ekonomi kreatif merupakan skala prioritas dalam pembangunan Kota Mojokerto dan sudah dituangkan dalam dokumen RPJMD yang ditetapkan melalui Peraturan Daerah.


Disampaikannya pula, bahwa ekonomi kreatif merupakan bagian dari pembangunan ekosistem wisata. Yang mana, dari 16 subsektor ekonomi kreatif, semuanya ada dan menggeliat di Kota Mojokerto. 

Lebih lanjut, Ning Ita mengungkapkan, bahwa pihaknya menaruh perhatian yang besar kepada komunitas ekonomi kreatif di Kota Mojokerto dan menjadi sasaran dalam pembangunan sumber daya manusia.

"Salah-satu langkah awalnya adalah melalui kerja-sama dengan ICCN. Kerjasama ini bertujuan untuk terus mendorong dan memfasilitasi warga Kota Mojokerto dalam mengembangkan ekonomi kreatif demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat", ungkap Ning Ita.


Sementara itu Fiki menyampaikan, Kota Mojokerto memiliki potensi untuk memunculkan berbagai kreatifitas dari sejarah dan kearifan lokal sebagaimana layaknya kota-kota bersejarah di dunia.

"Kota kecil tetapi memiliki jiwa yang besar. Memiliki kreativitas yang luar biasa, dalam mengelaborasi narasi sejarah, kreativitas dan memadukannya dengan political will dari pemerintah daerah", ujarnnya.

Turut hadir menyaksikan penanda-tanganan kesepakatan tersebut antara lain Ketua Korda ICCN Jawa Timur Vicky Arief, kepala OPD terkait serta komunitas pengembangan ekonomi kreatif di Kota Mojokerto. *(na/riv/HB)*