Selasa, 12 Mei 2020

Gubernur Khofifah Minta Bantuan PCR, Presiden Jokowi Langsung Penuhi

Baca Juga

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid–19 Doni Monardo mengatakan, permintaan bantuan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa kepada Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) mengenai bantuan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) sudah mendapat lampu hijau dari Presiden RI Joko Widodo.

"Kemudian, Ibu Gubernur (Khofifah) juga meminta kepada Bapak Presiden untuk memberikan dukungan mesin PCR dan kami sudah mendapatkan perintah dari Bapak Presiden untuk memberikan dukungan kepada Provinsi Jawa Timur", kata Doni usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, seperti disiarkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (12/05/2020).

Doni menyebut, saat ini Gugus Tugas tingkat nasional sedang mengupayakan penambahan sarana dan prasarana untuk daerah yang mengalami peningkatan jumlah kasus positif virus corona atau Corona Virus Disease – 2019 (Covid–19).

Kepala BNPB ini pun memastikan, Provinsi Jawa Timur menjadi prioritas. "Kemudian upaya-upaya untuk menambah kembali seluruh daerah yang memang mengalami peningkatan, untuk pengadaan mesin PCR sedang kami upayakan, terutama di Jawa Timur", sebutnya.

Meski Pemerintah Pusat tidak memaksakan seluruh daerah di Indonesia menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid–19 Nasional Doni Monardo menegaskan, masing-masing daerah diperbolehkan menerapkan kebijakan yang sesuai dengan karakter daerahnya.

"Bapak Presiden menegaskan, pemerintah pusat tidak memaksakan PSBB pada daerah-daerah. Daerah-daerah boleh memilih pendekatan yang sesuai dengan kondisi masing-masing", tegas Doni dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Setkab. *(Ys/HB)*