Kamis, 17 Maret 2022

Peringati Hari Air Dunia, Pemkot Mojokerto Bakal Kembali Gelar Mojotirta Festival

Baca Juga



Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Memperingati hari air sedunia pada 22 Maret 2022, Pemerintah Kota Mojokerto kembali menggelar Mojotirta Festival. Seperti tahun sebelumnya, Mojotirta Festival akan digelar bantaran Sungai Ngotok, tepatnya dibawah Jembatan Rejoto.

Kepala Dinas Kominfo Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto Santi Ratnaning Tias menyampaikan, bahwa festival "Umbul Dungo Mojotirta" akan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan, meskipun saat ini kasus Covid-19 di Kota Mojokerto sudah landai.

Dijelaskan oleh Santi, bahwa ada keinginan beberapa acara yang akan digelar dalam Mojotirta Festival ini. "Nanti akan ada kirab budaya kirab yang terdiri dari penari putri kusuma, prajurit bregodo dan prajurit masyarakat", jelas nahkoda baru ini Diskominfo Pemkot Mojokerto.

Santi menandaskan, bahwa pada festival ini juga akan ditampilkan hiburan seperti Tari Bedoyo, Permainan Tradisional, Liang-liong Ikan serta Tari Jurit Sandi.

"Sebagai bentuk rasa syukur terhadap karunia Tuhan Yang Maha Esa, dalam festival ini juga akan dilakukan penebaran benih ikan untuk pelestarian alam", tandasnya.

Santi menambahkan, bahwa untuk kenyamanan pelaksanaan Mojotirta Festival, DLH Pemkot Mojokerto akan menyediakan toilet mobile dan akan disediakan 2 unit mobil ambulans serta tenaga medis dan paramedis.

"Festival Mojotirto juga akan disemarakkan dengan pameran dari UMKM binaan Diskopukmperindag Kota Mojokerto. UMKM akan menyajikan jajanan tradisional di stand yang dihias nuansa Majapahit", tambahnya.

Sementara itu, pada hari yang sama dengan pelaksanaan Mojotirta Festival, Pemerintah Kota Mojokerto juga akan melakukan Grand Launching MPP Gajah Mada yang rencanya akan dilakukan oleh Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo. *(Naan/HB)*