Kamis, 17 November 2022

Jelang Aktivasi Call Center 112, Diskominfo Pemkot Mojokerto Gelar FGD Dengan Kemenkominfo RI

Baca Juga


Kepala Diskominfo Pemkot Mojokerto Santi Ratnaning Tias (kiri) bersama Sub Koordinator Renbang Infrasus Kementerian Kominfo RI Agung Setio Utomo (tengah) dalam forum FGD tentang Tupoksi kedaruratan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika - Republik Indonesia (Kemenkominfo-RI) di ruang Command Center Pemkot Mojokerto, Kamis 17 November 2022.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Dalam rangka aktivasi program layanan Call Center 112 di Kota Mojokerto, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menggelar forum Focus Group Discussion (FGD) tentang tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) kedaruratan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika - Republik Indonesia (Kemenkominfo-RI)

Forum FGD Diskominfo Pemkot Mojokerto dengan Kemenkominfo-RI tersebut di ruang Command Center Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto hari ini, Kamis 17 November 2022, dengan melibatkan seluruh stakeholder yang terlibat didalamnya, termasuk calon Call Taker 112 dan PT. Jasnita sebagai penyedia aplikasi.

Usai meninjau kesiapan layanan Call Center 112 Kota Mojokerto, Sub Koordinator Renbang Infrasus Kementerian Kominfo RI Agung Setio Utomo menegaskan, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan semua penyelenggara telekomunikasi, termasuk dengan semua operator seluler yang ada di Kota Mojokerto untuk membuka nomor 112.

"Segera akan kami koordinasikan. Biasanya teman-teman penyelenggara telekomunikasi itu paling lambat 2 (dua) minggu. Maka, jika Call Center 112 Kota Mojokerto akan di launching pada tanggal 10 Desember 2022, insya ALLAH... nomor 112 sudah bisa di gunakan di Kota Mojokerto", tegas Sub Koordinator Renbang Infrasus Kementerian Kominfo RI Agung Setio Utomo.


Kepala Diskominfo Pemkot Mojokerto Santi Ratnaning Tias saat mendampingi Sub Koordinator Renbang Infrasus Kementerian Kominfo RI Agung Setio Utomo melakukan pengecekan kesiapan sarana-prasarana Call Taker 112 Kota Mojokerto, di ruang Command Center Pemkot Mojokerto, Kamis (17/11/2022).


Lebih lanjut, Agung menjelaskan alur layanan 112, yakni apabila masyarakat menelepon ke 112 maka akan langsung terhubung dengan 112 di Kota Mojokerto yang kemudian dari operator akan menghubungkan ke tim penanganan yang terkait.

"Tadi sudah cek kelengkapan dan secara umum kesiapan awal untuk layanan 112 Kota Mojokerto sudah lengkap dan tinggal pembukaan akses dan insya ALLAH... siap dilaunching", jelas Agung.

Sementara itu Kepala Diskominfo Pemkot Mojokerto Santi Ratnaning Tias berharap, aktivasi Call Center 112 Kota Mojokerto dapat segera terealisasi. Mengingat, direncanakan akan dilaunching pada tanggal 10 Desember 2022 bertepatan dengan 4 (empat) tahun kepemimpinan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

"Harapan kami, setelah proses FGD ini, Kemenkominfo bisa membantu untuk bisa segera melakukan pengaktifan aplikasi, simulasi sampai dengan nantinya harapan kami pada tanggal sekitar 10 Desember 2022 ini bertepatan 4 (empat)tahun kepemimpinan Ibu Wali Kota bisa kita launching bersama", ujar Kepala Diskominfo Pemkot Mojokerto Santi Ratnaning Tias, penuh harap.

Sebagai informasi, Call Center 112 merupakan layanan nomor panggilan semua kejadian darurat, sehingga masyarakat cukup mengingat satu nomor darurat, yaitu 112. Adapun dibangunnya Pusat Panggilan Darurat (Call Center 112) merupakan salah-satu upaya Pemerintah Kota Mojokerto mempercepat layanan panggilan dan pertolongan bagi masyarakat yang membutuhkan. *(Dit/an/HB)*