Selasa, 17 Januari 2023

Musrenbang 2024 Di Miji Bahas 16 Usulan

Baca Juga


Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo saat membuka Musrenbang 2024 di Kelurahan Miji Kecamatan Kranggan, Selasa (17/02/2023).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto pada Selasa 17 Januari 2023 menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024 tingkat kelurahan di Kelurahan Miji Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto.

Dalam Musrenbang tersebut, ada 16 usulan pembangunan hasil kesepakatan pada Pra Musrenbang yang telah digelar  pada 14 Januari 2023 lalu. Yakni, 10 usulan bidang fisik, 5 usulan bidang ekonomi dan 1 usulan bidang sosial budaya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo saat membuka Musrenbang Kelurahan Miji menjelaskan, kehadiran masyarakat sangat penting dalam Musrenbang 2024. Sebab, akan turut menentukan program-program pembangunan tahun 2024.

Meski demikian, jelas Gaguk pula, dalam menyusun program -program pembangunan harus tetap memperhatikan dokumen perencanaan daerah yang sedang disusun serta kemampuan keuangan daerah.

"Tentu saja di dalam menyusun program - program pembangunan ada batasan - batasan yang tidak boleh kita langgar, yaitu adalah dokumen perencanaan yang sedang kita susun, yang ke-dua adalah kemampuan keuangan daerah", jelas Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mojokerto Agung Moeljono menerangkan, usulan-usulan pada Musrenbang akan disesuaikan dengan Tema Tahunan Wali Kota Mojokerto melalui Rencana Pembangunan Daerah 2024–2026.

Adapun Tema Tahunan Wali Kota Mojokerto atau Arah Kebijakan Wali Kota Mojokerto tahun 2024 adalah 'Menguatkan Ketahanan dan Pemerataan Ekonomi Masyarakat dengan Pengembangan Rantai Produksi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Infrastruktur Terintegrasi, Transformasi Digital dan Stabilitas Sosial Politik'.

"Nantinya, usulan-usulan Musrenbang ini harus disesuaikan dengan prioritas tahun 2024 tersebut", terang Kepala Bappeda Kota Mojokerto Agung Moeljono.

Ditandaskannya, melalui Musrenbang, diharapkan dapat mengakomodir usulan-usulan kegiatan dari masyarakat dengan pendekatan dari bawah ke atas atau bottom-up planning.

Turut hadir dalam kegiatan Musrenbang Kelurahan Miji Tahun 2024 tersebut, Camat, Lurah, Tokoh Masyarakat, Ketua RT/RW, Ketua LPM, Ketua TP-PKK Kelurahan Miji serta Karang Taruna setempat. *(Dit/an/HB)*