Sabtu, 10 Juni 2023

Sambut Hari Jadi Ke-105 Kota Mojokerto, Pemkot Gelar Upacara, Makan Gratis Hingga Datangkan Farel Prayoga Dan Habib Syech

Baca Juga



Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-105 Kota Mojokerto, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto akan menggelar Upacara Peringatan HUT Kota Mojokerto ke-105 di Alun-alun Kota Mojokerto pada Selasa 20 Juni 2023 pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB.

Sebagaimana disampaikan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, bahwa pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun' (HUT) Kota Mojokerto ke-105 tidak dilaksanakan di halaman Kantor Pemkot Mojokerto, seperti tahun-tahun sebelumnya di masa kepemimpinannya.

"Biasanya pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun Kota Mojokerto dilaksanakan di halaman Kantor Pemkot Mojokerto. Upacara HUT Kota Mojokerto ke-105, saya laksanakan di Alun-alun Kota Mojokerto", kata Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Lebih lanjut, Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan Ning Ita ini menerangkan, Pemkot akan menyiapkan ratusan gerobak kuliner di Alun-alun Kota Mojokerto. Sehingga, setelah pelaksanaan upacara, masyarakat bisa menikmati hidangan dari ratusan gerobak kuliner itu secara gratis.

"Setelah upacara HUT Kota Mojokerto ke-105 di Alun-alun, ratusan gerobak kuliner sudah siap sedia di area Alun-alun Kota Mojokerto dan ribuan masyarakat bisa menikmati hidangan dari gerobak kuliner itu secara gratis", terang Ning Ita.



Orang nomor satu di lingkungan Pemkot Mojokerto ini pun menerangkan, bahwa usai upacara, pihaknya pun bersama para undangan akan ikut berbaur dengan masyarakat untuk bersama-sama menikmati berbagai kuliner yang disajikan oleh ratusan gerobak kuliner tersebut.

“Usai upacara, saya dan seluruh tamu VIP akan makan bareng-bareng warga menikmati kuliner-kuliner yang kami sediakan, warga yang hadir bisa sarapan gratis bareng-bareng di Alun-alun Kota Mojokerto", terang Ning Ita pula.

Ning Ita menjelaskan, bahwa diadakannya acara pesta kuliner gratis untuk masyarakat umum setelah pelaksanaan Upacara Peringatan HUT Kota Mojokerto ke-105 tersebut juga bertujuan sebagai ajang promosi daya tarik wisata kuliner di Kota Mojokerto.

"Kota Mojokerto ini merupakan kota perdagangan dan jasa serta akan diwujudkan sebagai Kota Wisata. Tahun 2023 ini akan dibangun Wisata Bahari Mojopahit, akan jadi salah-satu ikon Kota Mojokerto. Inilah yang akan menjadi kekuatan kita untuk menjadikan Kota Mojokerto lebih maju, miliki daya saing dan menjadikan kehidupan masyarakat Kota Mojokerto lebih sejahtera", jelas Ning Ita.

Menariknya, untuk menambah semarak suasana saat makan gratis bersama tersebut, Pemkot Mojokerto mengundang penyanyi cilik ternama asal Banyuwangi Farel Prayoga untuk menghibur masyarakat. Selain itu, dalam serangkaian acara Pesta Rakyat tersebut, juga disuguhkan Pesta Seni Budaya dan Pesta Tumpeng Raksasa.

Sebagaimana diketahui, dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-105 Kota Mojokerto, Pemkot Mojokerto menjadwalkan serangkaian event kegiatan. Dimulai dari digelarnya kesenian tradisional Ludruk Karya Budaya di SDN Purwotengah yang merupakan tempat sekolah Soekarno Kecil (Presiden RI pertama) dan Bulan Bung Karno di halaman Kantor Pemkot Mojokerto pada Kamis 1 Juni 2023.

Berikutnya, Mojokerto Bersholawat Bersama Habib Syech di Lapangan Raden Wijaya Surodinawan pada Senin 12 Juni 2023 pukul 19.00 WIB, Jalan Santai di Lapangan Raden Wijaya Surodinawa pada Minggu 18 Juni 2023, Festival Tahu Thék di Parkir Timur Sunrise Mall pada Minggu 18 Juni 2023, Festival Permainan Tradisional & Festival Kuliner di Parkir Timur Sunrise Mall mulai 18 Juni 2023 sampai dengan 23 Juni 2023.

Selanjutnya, Festival Mojobangkit di Lapangan Raden Wijaya Surodinawan – Rumah Rakyat pada Selasa 27 Juni 2023, Job Fair di Mall Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada pada Rabu 28 Juni 2023 dan Lomba Bakar Sate di halaman Pasar Ketidur pada Kamis 29 Juni 2023. Selain itu, Pemkot Mojokerto juga menggelar event Mojokerto Shopping Festival selama satu bulan penuh, yaitu mulai 01 Juni 2023 sampai dengan 30 Juni 2023. *(DI/HB/Adv)*