Kamis, 22 November 2018

Presiden RI Joko Widodo Lantik Letjen Andika Perakasa Sebagai KSAD

Baca Juga

Letjen Andika Perkasa saat dilantik sebagai KSAD, Kamis (22/11/2018), di Istana Negara.

Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo melantik Letnan Jenderal (Letjen) Andika Perkasa sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Mulyono. Pelantikan Letjen Andika Perkasa sebagai KSAD, dilakukan di Istana Negara jalan Veteran – Jakarta Pusat, Kamis 22 Nopember 2018, dihadiri sejumlah menteri dan pejabat.

Letjen Andika Perkasa dilantik sebagai KSAD sesuai dengan Keppres Nomor 97/TNI Tahun 2018, yang ditandatangani pada 22 November 2018. Letjen Andika Perkasa diambil sumpahnya secara Islam oleh Presiden RI Joko Widodo. Setelah membacakan sumpah, ia pun menanda-tangani berita acara pelantikan.

"Demi Allah saya bersumpah... bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit", demikian potongan sumpah jabatan yang dibacakan Presiden RI Joko Widodo dan ditirukan Letjen Andika Perkasa Andika.


Penanda-tanganan berita acara pelantikan Letjen Andika Perkasa sebagai KSAD, Kamis (22/11/2018), di Istana Negara.

Para pejabat yang hadir dalam pelantikan tersebut, antara lain Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menko Polhukam Wiranto, Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, Menperin Airlangga Hartarto juga Menlu Retno LP Marsudi.

Sebelumnya, nama Andika Perkasa yang menjabat sebagai Pangkostrad
santer disebut-sebut bakal menggantikan Mulyono sebagai KSAD. Sebelumnya juga, Andika Perkasa juga pernah menjabat Dankodiklatad, Panglima Kodam XII/Tanjungpura dan pernah menjadi Komandan Paspampres pada Oktober 2014, sesaat setelah Joko Widodo dilantik sebagai Presiden RI. *(Ys/HB)*