Jumat, 29 Mei 2020

Gunernur Jatim Kirim 2 Mobil Lab PCR Ke Tulungagung Dan Lamongan

Baca Juga

Mobil Lab Bio Safety Level 2 pengecekan tes swab PCR bantuan dari BNPB Pusat. (Doc. BNPB).


Kota SURABAYA – (harianbuana.com).
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim sangat terbantu dengan adanya 2 (dua) unit Mobil Lab Bio Safety Level 2 pengecekan tes swab PCR bantuan dari BNPB Pusat.

“Alhamdulilah kami kembali mendapat bantuan dari BNPB berupa 2 (dua) unit mobil mesin PCR. Bantuan ini penting, karena saat ini kebutuhan mesin PCR test untuk swab memang yang paling dibutuhkan karena validitasnya paling tinggi", terang Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi – Surabaya, Kamis 29 Mei 2020.

Lebih lanjut, Gubernur Khofifah menjelaskan, bahwa kedua Mobil Lab Bio Safety Level 2 itu kini tengah bergerak ke Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Tulungagung untuk melakukan test swab secara cepat. Sebelumnya, kedua mobil itu pun sudah dioperasikan di RS Darurat di jalan Indrapura, Surabaya; RS Asrama Haji; hingga RSUD Sidoarjo.

Warga mengikuti test swab COVID-19 menggunakan mobil tes polymerase chain reaction (PCR) atau Mobile Combat COVID-19 di RSUD Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (28/5). Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Dijelaskannya pula, bahwa kedua mobil lab tersebut masing-masing dilengkapi dengan 4 (empat) mesin PCR. Yang mana, tiap mesin PCR memiliki kapasitas tes maksimal 200 sampel per-hari. Maka, 2 unit mobil itu memiliki kapasitas layanan total mencapai 1.600 sampel per hari.

"Dengan tambahan bantuan mobil mesin PCR ini maka kapasitas maksimal layanan swab test di Jatim jika dimaksimalkan bisa mencapai 3.106 sampel per hari", jelas Gubernur Khofifah.

Gubernur Khofifah pun mengungkapkan, bahwa setiap unit mobil juga dilengkapi dengan 2 unit mesin ekstraksi, 4.992 buah ekstra kit, dan sebanyak 4.992 reagen PCR kit. Sebelumnya, di Jawa Timur Jatim hanya mampu melakukan 1.102 tes swab per-hari.

Gubernur Khofifah berharap, keberadaan 2 unit mobil lab tersebut semakin memaksimalkan tes swab di Jatim. Khififah pun berharap kepada masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjaga pola hidup sehat dan menerapkan protokol pencegahan Covid–19.

"Dengan tambahan bantuan mobil mesin PCR ini, kita harap proses tes swab dengan PCR bisa dilakukan dengan cepat. Terlebih, kecepatan ini juga sangat mempengaruhi penanganan wabah COVID-19, dan tentunya juga bisa memberikan ketenangan pada masyarakat", ungkap Gubernur Khofifah, penuh harap. *(Di/HB)*