Sabtu, 03 Februari 2024

Jadi Pemateri Pengembangan Kompetensi ASN Pemkot Mojokerto, Mas Pj: Mindsetnya Harus Dirubah, Birokrasi Itu Melayani Bukan Dilayani

Baca Juga


Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro saat memberikan materi pada kegiatan Pengembangan Kompetensi ASN Esselon II dan Esselon III Pemkot Mojokerto yang digelar di Amartahills Hotel and Resort Kota Batu pada Rabu 31 Januari 2024 sampai dengan Jum'at 01 Februari 2024.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro hadir sekaligus berkesempatan membuka dan jadi pemateri pada kegiatan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Esselon II dan Esselon III Pemkot Mojokerto yang digelar di Amartahills Hotel and Resort Kota Batu pada Rabu 31 Januari 2024 sampai dengan Jum'at 01 Februari 2024.

Kegiatan tersebut merupakan langkah penting dalam memperkuat kualitas dan kapabilitas para ASN di lingkungan Pemkot Mojokerto dalam menjalankan tugas-tugasnya secara efektif dan efisien. Dalam penyampaian materi, Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro yang akrab disapa "Mas Pj." tersebut di antaranya menuturkan, bahwa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat harus cepat dan jangan membiarkan masyarakat menunggu terlalu lama.

"Kita membutuhkan perubahan mindset, karena birokrasi itu intinya adalah melayani, bukan minta dilayani. Merubah mindset itu harus merubah kultur dan merubah secara struktural cara berfikir kita, di rumah biasa dilayani di kantor harus melayani, kita harus membiasakan bahwa masyarakat itu adalah tuannya", tutur Mas Pj. di lokasi, sebagaimana rilis dari Diskominfo Pemkot Mojokerto yang diterima redaksi, Sabtu (03/02/2204).

Lebih lanjut dikatakan Mas Pj., kedepan akan semakin banyak tantangan yang harus dihadapi. Untuk itu, ia mengajak seluruh ASN di lungkungan Pemkot Mojokerto untuk menyamakan frekuensi dan persepsi sehingga ada kesatuan gerak untuk membawa Kota Mojokerto kedepan semakin cemerlang.

"Dawuhnya Ibu Gubernur (Ibu Khofifah), bahwa ASN itu khadimul ummah, pelayan masyarakat. Ketika bicara pelayan masyarakat, maka ada unsur pengabdian di dalamnya. Ketika kita ingin melakukan pengabdian yang terbaik, maka pertama kita harus profesional", ujar Mas Pj.

Mas Pj. menandaskan, selain itu, ASN juga harus BerAKHLAK yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. Core values ASN tersebut menjadi titik tonggak penguatan ASN, baik di pusat maupun daerah.

"Disamping kita berbicara Core Velue ASN, Pak Presiden juga menyampaikan bahwa setiap daerah baik itu Kabupaten/Kota/Provinsi harus punya semacam platform reformasi birokrasi tematik berdampak, yakni pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi penyelenggaraan pemerintahan serta percepatan prioritas Presiden", tandasnya.

Diharapkan, melalui pengembangan kompetensi ASN ini, kedepan seluruh ASN di lingkungan Pemkot Mojokerto akan bisa memberikan dampak luar biasa bagi warga dan masyarakat Kota Mojokerto. *(Diskominfo/SRT/HB)*