Kamis, 10 Januari 2019

10 Pelajar Bolos Terjaring Razia Satpol PP, Wali Kota Mojokerto Beri Pembinaan

Baca Juga

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Kepala Dispendik Pemkot Mojokerto Amin Wachid, Kepala Satpol PP Pemkot Mojokerto Heryana Dodik Murtono serta Kabag Humas dan Protokol Setdakot Mojokerto Choirul Anwar saat memberi wejangan kepada 10 pelajar bolos sekolah yang terjaring razia Satpol PP Kota Mojokerto, Kamis (10/01/2019), di ruang pembinaan kantor Satpol PP Kota Mojokerto.

Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com). 
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mojokerto, kembali menggelar razia terhadap pelajar yang meninggalkan sekolah pada saat jam pelajaran berlangsung. Dimana, dalam gelar razia kali ini, Kamis (10/01/2019), petugas Satpol PP Kota Mojokerto berhasil menjaring 10 pelajar tingkat SMP dan SMA di warung internet (Warnet) game online dan di jalan belakang SMPN 5 Kota Mojokerto.

Tak ayal, seperti yang sudah-sudah, kesepuluh pelajar itu selanjutnya di bawa ke kantor Satpol PP Kota Mojokerto untuk diidentifikasi dan dilakukan pembinaan. Hanya saja, menariknya kali ini, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari terjun langsung dalam pembinaan terhadap 10 pelajar yang terjaring razia tersebut.

Tak sendiri, dengan didampingi Kepala Satpol PP Kota Mojokerto Heryana Dodik Murtono dan Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Pemerintah Kota (Pemkot) Mojoketo Amin Wachid serta Kabag Humas dan Protokol Setdakot Mojokerto Choirul Anwar, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang akrab dengan sapa'an "Ning Ita" ini memberikan pembinaan berupa wejangan-wejangan mendidik baik kepada kesepuluh pelajar yang terjaring razia itu juga orang-tua mereka.

Ning Ita berpesan agar anak-anak yang terjaring razia itu tidak mengulangi apa yang telah mereka lakukan pada hari ini. Ning Ita pun mewanti-wanti agar para pelajar memiliki komitmen yang kuat dan istiqomah dalam belajar. “Kalau belajar ya harus tekun belajar, kalau berlatih ya harus tekun berlatih. Karena itu adalah kunci sukses", pesan Ning Ita kepada kesepuluh pelajar itu, Kamis (10/01/2019), di ruang pembeinaan kantor Satpol PP Kota Mojokerto.


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Kepala Dispendik Pemkot Mojokerto Amin Wachid, Kepala Satpol PP Pemkot Mojokerto Heryana Dodik Murtono serta Kabag Humas dan Protokol Setdakot Mojokerto Choirul Anwar saat memberi wejangan kepada 10 pelajar bolos sekolah yang terjaring razia Satpol PP Kota Mojokerto, Kamis (10/01/2019), di ruang pembinaan kantor Satpol PP Kota Mojokerto.

Lebih lanjut, Ning Ita menyampaikan, bahwa pendidikan dan pengawasan terhadap anak adalah tanggung jawab seluruh elemen masayarakat. Terkait itu, Ning Ita berharap semua pihak agar saling bersinergi dalam memberikan pendidikan juga pengawasan terhadap anak-anak.

“Anak-anak kita ini adalah yang kelak akan menjadi penerus negeri ini. Memang sebuah kewajiban bagi semua, tidak hanya sekolah, pemerintah dan masyarakat supaya memberikan pendidikan juga pengawasan terhadap perilaku anak-anak kita, khususnya yang memang masih usia remaja", kata Ning Ita.

Menurut Ning Ita, usia remaja itu merupakan usia di mana energinya sedang maksimal yang butuh tempat melampiaskan energi. Terkait itu, kalau mereka tidak diarahkan dengan benar, terkadang akan terjadi penyimpangan pada hal-hal yang tidak baik.

Pada kesempatan ini, Ning ita pun mewanti-wanti orang-tua kesepuluh pelajar yang terjaring razia Satpol PP Kota Mojokerto itu, bahwa anak remaja sangat membutuhkan pendampingan dari pihak orang tua.

Terkait bentuk tanggung-jawab pemerintah dalam menghadapi kasus pelajar yang bolos di Warnet atau game online, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menjelaskan, bahwa pemerintah tidak bisa menindak langsung kepada pemilik usaha, karena para pelaku usaha berhak membuka usahanya kapanpun.

“Saya akan rapat dengan beberapa pihak terkait dan menginventarisir jumlah Warnet yang ada serta berdiskusi dengan pihak legislatif tentang bagaimana membatasi anak-anak agar tidak menggunakan fasilitas Warnet pada jam sekolah", jelas Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari. *(Na/Kha/Hms/HB)*