Jumat, 15 Maret 2019

OTT Di Jawa Timur, KPK Amankan 5 Orang

Baca Juga

Juru Bicara KPK Febri Diansyah.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menerangkan, tim Satgas Penindakan KPK mengamankan 5 (lima) orang di Jawa Timur, Jumat (15/03/2019). Kelimanya terdiri dari unsur anggota DPR, swasta dan pejabat Kementerian Agama (Kemenag)

Diterangkannya pula, OTT terhadap kelima orang itu, di duga terkait pengisian jabatan di Kementerian Agama. Namun demikian, Febri masih enggan mengungkap identitas kelima orang yang diamankan oleh tim Satgas Penindakan KPK melalui kegiatan OTT itu.

"Diduga terkait dengan pengisian jabatan di Kementerian Agama, baik di pusat maupun di daerah. Tentu kami perlu mendalami lebih lanjut informasi-informasi tersebut, dan KPK belum bisa menyebutkan siapa saja orang-orang yang diamankan", terang Jubir KPK Febri Diansyah, di ruang Pusat Edukasi Antikorupsi, Jakarta Selatan, Jumat (15/03/2019).

Dijelaskannya, dugaan transaksi itu merupakan yang kesekian kalinya. Dalam kegiatan OTT itu, KPK mengamankan uang dalam pecahan rupiah. Hanya saja, Febri belum bisa memastikan total jumlah uang yang diamankan.

"Nanti kalau ada perkembangan lebih lanjut, selain lima orang itu, ada diamankan pihak lain, akan kami sampaikan. Tapi yang bisa dikonfirmasi saat ini adalah lima orang diamankan di Jawa Timur, kemudian dibawa untuk proses klarifikasi dan pemeriksaan lebih lanjut di Polda Jawa Timur", jelasnya.

Sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo membenarkan beredarnya kabar tentang Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan Pembangunana (PPP) Romahurmuziy terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) tim Satgas Penindakan KPKJ pada Jum'at (15/03/2019) ini.

Namun, Agus Rahardjo belum mengungkap siapa-siapa saja yang diamankan bersama  Romahurmuziy oleh tim Satgas Penindakan KPK di Jawa Timur itu.

"Betul, ada giat KPK di Jatim. Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh KPK bertempat di Polda Jatim", jelas Ketua KPK Agus Rahardjo saat dikonfirmasi di Markas KPK jalan Kuningan Persada – Jakarta Selatan. *(Ys/HB)*

BERITA TERKAIT :> Polda Jatim Benarkan OTT KPK Terhadap Ketua Parpol Di Jawa Timur