Sabtu, 04 April 2020

Ning Ita Tinjau Kesigapan Posko Tanggap Covid-19 Di Setiap Kelurahan

Baca Juga

Ning Ita (masker warna merah) bersama rombongan saat meninjau salah-satu Posko, Sabtu 04 April 2020.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pemantauan dan pengawasan pencegahan penyebaran wabah Corona Virus Disease - 2019 (Covid-19) di Kota Mojokerto, tidak hanya dilakukan dari Posko utama yang berpusat di Polres Mojokerto Kota saja. Melainkan, Pemerintah Daerah (Pemda) bersama TNI–Polri bersinergi dengan mendirikan Posko-posko tanggap darurat Covid-19 yang ada di setiap kelurahan.

Seperti halnya yang dilakukan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang akrab dengan sapaan "Ning Ita" ini pada hari ini, Sabtu 04 April 2020. Dengan didampingi Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria, Ning Ita meninjau secara langsung kesiap-siagaan 18 Posko yang ada di 18 kelurahan di wilayah Kota Mojokerto.

Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut, yakni Kapolresta Mojokerto AKBP Bogiek Sugiyarto dan Dandim 0815 Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto.

Ning Ita (masker warna merah) bersama rombongan saat meninjau pasar burung di jalan Empu Nala Kota Mojokerto, Sabtu 04 April 2020.


Dalam kegiatan tersebut, rombongan melihat secara langsung kesiapan dan fasilitas di setiap Posko Tanggap Darurat Covid-19. Di lokasi, Ning Ita juga membagi-bagikan vitamin kepada para petugas agar selalu terjaga staminanya dalam menjalankan tugas.

"Pendirian posko ini sesuai dengan Keppres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease - 2019 atau Covid-19. Dimana, dalam Posko ini para petugas terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Satpol dan Dinas Kesehatan bertugas untuk memberikan edukasi, pengawasan, pemantauan dan penindakan untuk mengendalikan percepatan penanganan pencegahan penyebaran Covid-19", jelas Ning Ita, Sabtu 04 April 2020, di lokasi.

Pada kesempatan ini, Ning Ita meminta, agar seluruh warga Kota Mojokerto turut pro-aktif melaporkan bila ada keluarga, saudara atau tetangga yang datang dari luar daerah. Terutama, datang dari daerah yang berstatus Zona Merah.

"Kami mohon kepada semua warga, kalau mengetahui hal tersebut harap lapor ke RT/RW, atau langsung datang ke kantor kelurahan setempat yang merupakan posko tanggap darurat. Sehingga, kita semua bisa melakukan pencegahan sedini mungkin, dan memberikan tindakan secepat mungkin", tandasnya.

Sebelum peninjauan ke Posko Tanggap Darurat, Ning Ita bersama rombongan menyempatkan waktu berkunjung ke Pasar Burung Empunala dan warung-warung makanan untuk memberikan edukasi sekaligus pemahaman terkait pandemi Covid-19.

Selain itu, Ning Ita juga membagi-bagikan masker serta hand sanitizer (cairan pembersih tangan) kepada para pedagang di pasar tradisional ini. Ning Ita pun menyempatkan mewanti-wanti agar mereka selalu menjaga kebersihan. *(Ys/Hms/HB)*