Jumat, 22 Mei 2020

Khofifah Minta Silaturrahim Idul Fitri Secara Virtual

Baca Juga

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.


Kota SURABAYA – (harianbuana.com).

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat Jatim bersilaturrahim Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah secara virtual dengan memanfaatkan teknologi informasi.

"Kami harap, masyarakat tidak melakukan tradisi Lebaran berupa bersalaman secara langsung di tengah pandemik Covid–19 ini", ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi – Surabaya, Jumat 22 Mei 2020

Gubernur Khofifah menerangkan, kondisi pandemik saat ini masih sangat berbahaya jika ada kerumunan dan kontak fisik. Terlebih, jika melakukan tradisi berkunjung ke sanak saudara saat Lebaran.

Diterangkannya pula, bahwa tali silaturrahim dan saling bermaaf-maafan tetap dapat terjalin dalam situasi saat ini meski menggunakan media lain, seperti telepon, WhatsApp, pesan singkat sms, video call dan sebagainya.

"Dengan memanfaatkan teknologi dan daring, silaturahim bisa tetap erat meski tanpa harus ketemu secara fisik", terangnya.

Menurut Khofifah, melaksanakan ibadah dan menjalin silaturahim daring dari rumah, kata dia, berarti semua orang telah ikut menjaga orang terdekat dan terkasih agar bisa tetap sehat tanpa berisiko tertular virus. Ia pun berharap, masyarakat bisa memahami dan membangun kesadaran masing-masing agar situasi di Provinsi Jawa Timur semakin kondusif dan terkendali.

"Mari sambut Idul Fitri dengan semarak dan penuh suka cita, sekalipun situasi Indonesia sedang dirundung keprihatinan akibat darurat COVID-19", ajak Khofifah, penuh harap.

Meski demikian, Gubernur Khofifah tetap meminta masyarakat untuk menggemakan takbir di seluruh penjuru Jatim tanpa harus berkerumun maupun berkeliling. *(DI/HB)*