Sabtu, 17 Oktober 2020

Gunernur Khofifah Serahkan Penghargaan Capaian LPPD 2018 Dari Kemendagri Kepada 38 Kepala Daerah Se Jatim

Baca Juga


Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menyerahkan secara langsung Penghargaan Capaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2018 atas Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2019 dari Kementerian Dalam Negeri kepada Kepala Daerah Kab/Kota se-Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jum'at (16/10/2020) sore.


Kota SURABAYA – (harianbuana.com).
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyerahkan secara langsung Penghargaan Capaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2018 atas Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2019 dari Kementerian Dalam Negeri kepada 38 Kepala Daerah Kab/Kota se-Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jum'at (16/10/2020) sore.

Hal ini dilakukan, sebagai salah-satu bentuk apresiasi terhadap capaian kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemkot) se Jatim.

Turut mendampingi Gubernur Khofifah, Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Heru Tjahjono, Kepala Biro Pemerintahan Setda Prov. Jatim Jempin Marbun, SH., MH. serta sejumlah jajaran Kepala OPD terkait lainnya.

Di hadapan Bupati dan Wali Kota se Jatim yang hadir pada Jum'at (16/10/2020) sore itu, Gubernur Khofifah meminta agar Penghargaan Capaian LPPD Tahun 2018 ini bisa dijadikan modal untuk meningkatkan kualitas program dalam membangun keberseiringan antara Pemerintah Pusat, Provinsi hingga ke Kabupaten dan Kota.

“Ini akan jadi bukti sekaligus modal untuk menseiringkan antara seluruh visi misi di tingkat pusat, nyambung ke tingkat Provinsi dan Kabupaten / Kota", tegas Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Tak pelak, atas capaian gemilang ini, Gubernur Khofifah pun memuji seluruh Kepala Daerah se Jatim atas kinerjanya selama ini yang telah mendapat penilaian dari Kemendagri dengan status sangat tinggi.


Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menyerahkan secara langsung Penghargaan Capaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2018 atas Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2019 dari Kementerian Dalam Negeri kepada Kepala Daerah Kab/Kota se-Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jum'at (16/10/2020) sore.


Gubernur Khofifah mengungkapkan, bahwa capaian ini juga merupakan bentuk terjalinnya keberseiringan mulai nasional hingga ke daerah serta komitmen penuh dari semua Kepala Daerah di Jatim.

“Indeks sangat tinggi bagi kabupaten/ kota ini karena komitmen kita yang saling bersinergi dengan pusat. Hari ini, kategori semuanya ‘Sangat Tinggi’. Bedanya, hanya nol koma nol-nol sekian", ungkap Gubernur Khofifah 

Orang nomor satu di jajaran Pemprov Jatim ini menegaskan, dengan bersinergi dan berseiringnya visi misi pemerintah pusat dan daerah maka breakdown Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD juga akan terus konsisten.

“Ini berarti breakdown perencanaan program di dalam RAPBD nya juga konsisten", tegas gunernur perempuan pertama di Jawa Timur ini.

Meski demikian, Gubernur Khofifah mengingatkan setiap Kepala Daerah tentang Reformasi Sistem Sosial Nasional. Gubernur Khofifah pun menekankan kesamaan visi misi Pemda dengan Pusat tentang reformasi sistem kesehatan nasional serta sistem penangan bencana dan sebagainya.

Dari 38 daerah di Jatim, Kabupaten Banyuwangi tercatat sebagai daerah dengan indeks kinerja tertinggi dengan score 3,5592. Disusul Kab. Sidoarjo dan Pasuruan di tempat kedua dan ketiga. Sementara untuk daerah lain tercatat mendapat penilaian diatas 3 dengan selisih koma antara daerah satu dengan lainnya.

Sementara itu, penghargaan ini sendiri merupakan hasil dari pelaksanaan Evaluasi Kinerja dan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) tahun 2019 terhadap LPPD tahun 2018 oleh Kementerian Dalam Negeri RI.

Penghargaan tersebut, sebelumnya juga telah diserahkan oleh Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri yang diwakil Direktuur EKPKD kepada Gubernur Khofifah pada pertemuan pembahasan pelaksanaan EPPD Tahun 2020 terhadap LPPD tahun 2019 di Provinsi Jawa Timur pada tanggal 04 sampai 08 Oktober 2020 lalu di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Tak hanya itu, berdasarkan hasil EKPPD Tahun 2019 terhadap LPPD Tahun 2018, Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali mampu mempertahankan peringkat pertama kinerja tertinggi secara nasional.

Prestasi tersebut melengkapi runtutan prestasi LPPD yang sudah 9 (sembilan) kali berturut-turut sekaligus menggenapi hasil capaian tertinggi dari 2 tahun pelaksanaan EKPPD sebelumnya, yakni EKPPD tahun 2017 terhadap LPPD tahun 2016 dan EKPPD tahun 2018 terhadap LPPD tahun 2017.

Atas prestasi tersebut, tidaklah berlebihan jika Pemprov Jatim mendapat penghargaan "Parasamya Punakarya Nugraha" untuk ketiga kalinya atas capaian peningkatan kinerja LPPD terbaik pertama secara nasional.*(DI/HB)*