Rabu, 30 Maret 2022

Wujudkan Satu Data Indonesia, Diskominfo Sosialisasi Statistik Sektoral Dan Romantik Online

Baca Juga


Sosialisasi Statistik Sektoral dan Romantik Online.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Data statistik sektoral menjadi salah-satu kebutuhan dasar bagi pemerintah dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi serta mengendalikan pembangunan suatu daerah. Oleh karena itu, data harus akurat, kualitas, up to date, dapat dipertanggung-jawabkan dan dibagi pakaikan guna menunjang perencanaan dalam pembangunan Kota Mojokerto

Untuk itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto sebagai Wali Data Kota Mojokerto menggelar Sosialisasi Statistik Sektoral dan Romantik Online Selasa (29/3/2022).

"Semua komponen harus bersinergi agar terwujud Satu Data Kota Mojokerto. Maka kami harapkan semua OPD untuk up date secara periode data pada Portal Satikomo. Hal ini apabila kota,kabupaten, provinsi dan pusat juga sama-sama sudah Satu Data, nanti akan terwujud Satu Data Indonesia", ujar Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo dalam Sosialisasi Statistik Sektoral dan Romantik Online, Selasa (29/03/2022).

Gaguk memaparkan, sebagaimana tercantum dalam Perwali No. 81 Tahun 2021 tentang Satu Data Kota Mojokerto, terdapat pasal-pasal yang mengatur tugas masing-masing Penyelenggara Satu Data yang terdiri dari Koordinator (Bappeda Litbang), Wali Data (Diskominfo) dan Pembina (BPS Kota Mojokerto) serta Wali Data Pendukung (OPD yang dibantu Sungram atau pejabat yang mengolah dan produsen data di masing-masing Bidang).

Gaguk Tri Prasetyo menegaskan, keseriusan untuk menghasilkan dan mengelola data berkualitas semakin dibutuhkan terlebih Kota Mojokerto telah memiliki Satikomo (satu data informasi Kota Mojokerto).

“Saat ini memang kita sudah punya Satikomo. Ini perlu untuk dipastikan keberlanjutannya, dipelihara dan dirawat dengan baik. Jangan setelah dibuat aplikasi, ketika dibuka datanya ternyata tidak update atau bahkan kosong datanya", tegas Sekdakot Mojokerto.

Dihadapan para peserta yang terdiri dari para para Kabag Penyusunan Program setiap OPD serta Sekretaris Kelurahan se-Kota Mojokerto ini, Sedakot Mojokerto menghimbau agar apa yang didapat dari sosialaisasi kali ini, segera disampaikan kepada pimpinan masing-masing.

“Saya harap berbagai informasi yang diterima hari ini diteruskan kepada pimpinan masing-masing. Tidak hanya berhenti di panjenengan saja”. ujar Gaguk Tri Prasetyo.

Sementara itu, Sub Koordinasi Pengelolaan Data dan Statistik, Noor'Ainy menambahkan, bahwa tahun 2021 'Satikomo' dinyatakan sebagai portal pertama Se-Jatim yang sudah terintegrasi dengan Portal Satu Data Indonesia (data.go.id), di antara 806 dataset yang sudah diunggah ke Portal Satu Data Indonesia by system.

"Kami harapkan kedepan semua Perangkat Daerah terus bersemangat untuk up date data sesuai prinsip satu data, yang nantinya akan sangat bermanfaat dalam perencanaan dan pengambilan kebijakan di Pemerintah Kota Mojokerto", tambah Sub Koordinasi Pengelolaan Data dan Statistik, Noor'Ainy.

Forum yang digelar di Pendopo Sabha Mandala Tama Balai Kota Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto tersebut juga menghadirkan Artatias Simanjuntak, ahli muda pranata komputer BPS Kota Mojokerto serta Hasta Priyangga Sekretaris Diskominfo Kota Mojokerto. *(EL/HB)*