Jumat, 22 April 2022

Sidak Pasar Jelang Lebaran, Pemkot Pantau Ketat Harga Bahan Pangan Pokok

Baca Juga


Ning Ita didampigi Sekdakot Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo bersama rombongan saat memeriksa produk Mamin 
makanan awetan untuk memastikan ada yang rusak atau kedaluwarsa dalam kegiatan Sidak Pasar Jelang Lebaran, Jum'at (22/04/2022) pagi - (Jen).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama Kapolresta Mojokerto AKBP Rofiq Ripto Himawan memimpin secara langsung Sidak (inspeksi mendadak) ketersediaan makanan dan minuman di Kota Mojokerto menjelang Idul Fitri 1443 Hijjriyah / 2022 Masehi pada Jumat (22/04/2022) pagi, usai Apel Ketupat Semeru.

Lokasi pertama yang dituju oleh tim gabungan adalah Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto. Di pasar tradisional ini, Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan "Ning Ita" ini mendapati harga beberapa bahan pangan mengalami kenaikan.

Di antaranya adalah harga daging sapi yang mangalami kenaikan dari Rp. 120.000,– per-Kilogram menjadi Rp. 140.000,– per-Kilogram.

"Kita melihat beberapa bahan pangan mulai terjadi kenaikan yang hampir signifikan", ungkap Wali Kota Perempuan Pertama di Kota Mojokerto, Jum'at (22/04/2022) pagi, di lokasi Sidak.

Ning Ita didampigi Sekdakot Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo bersama rombongan saat memeriksa produk Mamin dalam kegiatam Sidak Pasar Jelang Lebaran di toko modern, Jum'at (22/04/2022) pagi - (Jen).


Ning Ita menegaskan, bahwa kenaikan komoditas bahan pokok ini menjadi perhatian baik pemerintah maupun pihak kepolisian.

"Jika di Pemkot ada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), di Polresta Mojokerto ada Satgas Pangan. Nah... kita bersinergi, bagaimana melaporkan secara berkala bahan pokok yang mengalami kenaikan, sehingga dapat meningkatkan upaya dari pemerintah untuk mengendalikan kenaikannya tidak terlalu tinggi", ujar Ning Ita.

Selain Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto, lokasi lain yang menjadi sasaran Sidak adalah salah-satu pasar modern di Kota Mojokerto.

Masa kadaluwarsa menjadi salah-satu atensi Ning Ita dalam mengecek berbagai makanan dan minuman yang notabene menjadi isi bingkisan lebaran.

"Sejauh ini alhamdulillah... semua yang kita lakukan cek di lokasi tadi masa expirednya tidak ada yang melebihi", jelas orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kota Mojokerto ini.

Ning Ita menandaskan, hingga saat ini, ketersediaan atau stok bahan pangan pokok di Kota Mojokerto aman, meski dikatakan ada kenaikan pada beberapa jenis.

Selain melakukan pengawasan harga bahan pokok oleh TPID Pemkot Mojokerto bersama Tim Satgas Pangan Polresta Mojokerto, kedepan juga akan dilakukan Operasi Pasar Murah jenis Sembako di pasar-pasar tradisional. *(Naan/HB)*