Rabu, 01 Juni 2022

Semarakkan Bulan Bung Karno, Ratusan Siswa SD Kota Mojokerto Jadi Soekarno Kecil

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto melihat dari dekat semarak Bulan Bung Karno di Kota Mojokerto diwarnai dengan penampilan Soekarno kecil dan permainan tradisional, Rabu (01/06/2022) pagi - (zan).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Untuk Pertama kalinya Pemerintah Kota Mojokerto menyelenggarakan kegiatan Bulan Bung Karno di Kota Mojokerto dengan semarak. Ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) menyemarakkannya dengan menggunakan pakaian ala Soekarno kecil dengan bawahan batik, jas putih lengkap dengan dasi kupu hitam dan menggunakan blangkon.

Sebagai bagian dari napak tilas sejarah keberadaan Sang Proklamator Bangsa, Pemerintah Kota Mojokerto berupaya membangkitkan kembali sejarah Soekarno semasa tinggal di Kota Mojokerto untuk lebih dikenal dan dipahami oleh masyarakat luas, salah satunya melalui kegiatan Bulan Bung Karno ini.

"Ini semua kami laksanakan dalam rangka bentuk penghormatan kita terhadap Sang Proklamator sekaligus memberikan literasi sejarah kepada masyarakat luas, bahwa Mojokerto adalah bagian dari saksi sejarah napak tilas Sang Proklamator ketika beliau kecil selama 8,5 tahun tinggal di Kota Mojokerto", ungkap Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari. Rabu (01/06/2022) pagi.

Siswa SD se-Kota Mojokerto semarakkan Bulan Bung Soekarno dengan permainan tradisional, Rabu (01/06/2022) - (zan).


Lebih lanjut, Wali Kota Mojokerto yang akrab disapa Ning Ita tersebut memjelaskan, Pemerintah Kota Mojokerto juga ingin mengenalkan jejak sejarah Soekarno hingga kegiatan yang merepresentasikan pemikiran Soekarno yang visioner dan memiliki jiwa Nasionalisme yang tinggi.

"Hari ini juga kami libatkan anak- anak usia Sekolah Dasar dalam memerankan beberapa jenis permainan tradisional dan juga merepresentasikan bagaimana menjadi Soekarno ketika kecil, baik dalam bentuk foto ala Soekarno, maupun memakai busana ala Soekarno, dan juga ada permainan tradisional yang melibatkan kelompok untuk melatih kegotong-royongan anak sejak dini", jelas Ning Ita.

Kegiatan Bulan Bung Karno dipusatkan di SDN Purwotengah yang dulunya bernama Sekolah Ongko Loro, tempat Soekarno kecil yang kala itu bernama Kusno mengenyam pendidikan selama 4 tahun. Kegiatan Bulan Bung Karno sendiri dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 1–2 Juni 2022.


Upacara peringatan hari lahirnya Pancasila disentral di SDN Purwotengah 2 (SDN ongko 2 semasa Bung Karno), Rabu (01/06/2022) - (zan).


"Tempat ini sudah kami tetapkan sebagai bagunan cagar budaya, yang kedepan akan kami bangun galeri Soekarno kecil disini, yaitu sebuah museum, pusat study sejarah tentang Soekarno dengan konten digital agar lebih memudahkan generasi milenial untuk belajar tentang sejarah bangsa kita", terang Ning Ita.

Semarak kegiatan Bulan Bung Karno diwarnai dengan beragam kegiatan, mulai dari pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, pameran lukisan dan heritage, tampilan permainan tradisional serta berbagai macam lomba yang mereprentasikan Soekarno kecil.

Tidak hanya itu, pada hari kedua kegiatan Bulan Bung Karno Pemerintah Kota Mojokerto juga akan menyajikan penampilan wayang beber, dan pagelaran ludruk yang ditempatkan di SDN Purwotengah. *(Dit/an/HB)*