Minggu, 18 September 2022

Hadiri HUT PMI Ke-77, Ning Ita Apresiasi Pengumpulan Dan Penyaluran Belasan Ribu Kantong Darah

Baca Juga



Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari hadir pada peringatan Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia (HUT PMI) ke-77 yang diselenggarakan PMI Kota Mojokerto di  di Pendopo Sabha Kridatama Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto, Sabtu 17 September 2022.

Dalam sambutannya, Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan Ning Ita menyampaikan, di HUT ke-77 tahun 2022 ini, dengan tema 'Terus Tebar Kebaikan" PMI Kota Mojokerto mengajak seluruh keluarga besar PMI Kota Mojokerto untuk menyamakan visi, bahwa kehadiran keluarga besar PMI Kota Mojokerto benar-benar demi sebuah tugas kemanusiaan.

“PMI yang sudah dilahirkan sejak 77 tahun yang lalu, jelas filosofinya adalah seperti tangan di bawah dan seperti tangan di atas", kata Ning Ita saat menyampaikan sambutan peringatan HUT PMI ke-77 di Pendopo Sabha Kridatama, Rumah Rakyak jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto, Sabtu (17/09/2022).

Ning Ita menegaskan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan PMI Kota Mojokerto dalam memberikan pelayanan masyarkat, termasuk kegiatan mengumpulkan belasan ribu pendonor dan penyaluran darah.




Dijelaskan Ning Ita, PMI memiliki peran ganda dalam tugasnya. Seperti tangan di bawah, artinya PMI menerima, menghimpun dari para sukarelawan, dari para pendonor dalam bentuk materiil, dalam bentuk darah atau dalam bentuk yang lainnya.

"Kemudian, semuanya disalurkan oleh PMI bagi masyarakat yang membutuhan sebagai wujud filosofi tangan di atas. Untuk itu, momen ulang tahun ke-77 ini tentu harus menjadi penguat semangat, motivasi bagi kita semuanya", jelas Ning Ita.

Sementara itu Sekretaris PMI Kota Mojokerto Choirul Anwar menyampaikan, selama di tahun 2022 ini, sebagai bentuk kontribusi PMI Kota Mojokerto untuk Indonesia khususnya Kota Mojokerto, PMI telah melaksanakan berbagai kegiatan.

“PMI Kota Mojokerto mulai Januari sampai dengan Agustus 2022 melakukan pelayanan darah yang berhasil mengumpulkan 12.155 orang pendonor dan telah menyalurkan 11.678 kantong darah untuk memenuhi kebutuhan 40 Rumah Sakit dan Faskes di Kota Mojokerto dan sekitarnya", kata Sekretaris PMI Kota Mojokerto Choirul Anwar.

Anwar menambahkan, selama Januari sampai dengan Agustus 2022, selain pelayanan darah, PMI Kota Mojokerto juga memberikan layanan ambulance PMI dan Kegawat-daruratan medis sebanyak 368 layanan.

Dalam kegiatan ini, para relawan PMI juga melakukan simulasi kegawat-daruratan dalam menangani korban kecelakaan lalu lintas yang menunjukkan kecekatan para relawan dalam melaksanakan tugas dan tanggung-jawabnya masing-masing dalam memberikan pertolongan kepada siapa saja yang membutuhkan.

Pada kesempatan ini, Ning Ita selaku Ketua PMI Kota Mojokerto juga berkesempatan menyerahkan secara simbolis Piagam Donor Darah Sukarela (DDS) 10 kali, 25 kali dan 50 kali serta Piagam Penggerak Donor kepada 9 instansi dan 7 instansi sebagai mitra PMI. Selain itu Ning Ita juga melaunching Mobil Donor Darah yang merupakan CSR dari Bank Jatim. *(law/an/HB)*