Selasa, 20 Desember 2022

Beralih Siaran TV Digital, Hari Ini ASO Dilaksanakan Di Kota Mojokerto

Baca Juga


Petugas Diskominfo Pemkot Mojokerto saat memasang  Set Top Box (STB) di salah-satu rumah warga Kota Mojokerto.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Kota Mojokerto mulai hari ini, Selasa 20 Desember 2022, menjadi salah-satu daerah di Provinsi Jawa Timur yang melaksanakan program Analog Switch Off (ASO). Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto Santi Ratnaning Tias menjelaskan, bahwa pelaksanaan ASO sesuai dengan hasil kesepakatan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kementerian Kominfo (Kemenkominfo)

“Semua siaran TV analog di Kota Mojokerto akan dimatikan mulai hari ini, Selasa 20 Desember 2022, pukul 24.00 WIB", jelas Kepala Diskominfo Pemkot Mojokerto Santi Ratnaning Tias, Selasa (20/12/2022).

Ia menambahkan, bahwa ASO per 20 Desember 2022 tidak hanya dilaksanakan di Kota Mojokerto tetapi secara serentak di wilayah Jatim-1. Yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Bangkalan, Kota Pasuruan dan Kota Surabaya.

“Dengan demikian, masyarakat di 10 daerah tersebut akan mendapatkan siaran digital sepenuhnya. Oleh karena itu, kami sampaikan bagi masyarakat yang belum menggunakan pesawat televisi digital, bisa menambahkan Set Top Box (STB) untuk menikmati siaran televisi", tambahnya.

Ditandaskan Santi, bahwa untuk persiapan ASO, Pemerintah Kota Mojokerto menyalurkan 2.010 STB kepada rumah tangga miskin yang masuk dalam data Penyasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) sejak 25 November 2022 lalu.

“Data terakhir sudah 1.784 STB telah tersalurkan kepada warga miskin yang tersebar di 18 kelurahan se Kota Mojokerto", tandaanya.

Seperti diketahui, sejak 2 November 2022 lalu, Kemenkominfo RI telah melakukan penghentian siaran TV Analog secara bertahap di seluruh wilayah di Indonesia. Melalui TV digital, masyarakat akan mendapat manfaat berupa kualitas siaran gambar dengan resolusi tinggi dan suara yang lebih jernih. *(law/an/HB)*