Senin, 12 Desember 2022

Satikomo Jadi Kunjungan Studi Tiru Pemkab Trenggalek Ke Pemkot Mojokerto

Baca Juga


Kepala Diskominfo Pemkot Mojokerto Santi Ratnaning Tias dan Kepala Diskominfo Pemkab Trenggalek Edif Hayunan Siswanto saat saling bertukar cinderamata dan berjabat-tangan, di Command Center Pemkot Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto, Senin (12/12/2022).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Untuk kesekian kalinya, Satu Data Informasi Kota Mojokerto (Satikomo) kembali menjadi jujugan studi tiru daerah lain. Kali ini, giliran Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek melakukan kunjungan studi tiru Satikomo ke Diskominfo Pemkot Mojokerto.

Rombongan Diskominfo Pemkab Trenggalek yang dipimpin Kepala Diskominfo Pemkab Trenggalek Edif Hayunan Siswanto diterima oleh Kepala Diskominfo Pemkot Mojokerto Santi Ratnaning Tias, di Command Center Pemkot Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto, Senin (12/12/2022).

Pada kesempatan ini, Kepala Diskominfo Pemkab Trenggalek Edif Hayunan Siswanto menyampaikan, bahwa kunjungannya bersama rombongan adalah ingin belajar bagaimana Diskominfo Pemkot Mojokerto membangun satu data pada portal Satikomo.

"Ini merupakan sebuah kesempatan yang luar biasa bagi kami. Kami ingin belajar bagaimana mengolah data dalam portal Satikomo, karena kami melihat Satikomo ini sudah sangat luar biasa perkembangannya", ungkap Kepala Diskominfo Pemkab Trenggalek Edif Hayunan Siswanto.

Edif menjelaskan, pihaknya ingin mengambil semangat kolaborasi dan sinergi yang terjalin baik antara Diskominfo Pemkot Mojokerto, BPS dan Bappeda dalam menyukseskan program Satu Data.

"Kami ingin mengambil sebuah semangat itu tadi bagaimana Satu Data bisa terbangun dengan baik serta kolaborasi yang terjalin baik antara BPS, Bappeda dan Diskominfo. Itu yang perlu kita contoh, sehingga bisa kita terapkan di trenggalek", imbuhnya.


Foto bersama rombongan Diskominfo Pemkab Trenggalek dengan Diskominfo Pemkot Mojokerto di Command Center Pemkot Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto, Senin (12/12/2022).


Pada kesempatan yang sama, Kepala Diskominfo Pemkot Mojokerto Santi Ratnaning Tias menyambut baik atas kunjungan studi tiru dari Pemkab Trenggalek tersebut.

"Kami tentunya merasa sangat senang sekali atas kunjungan dari Kabupaten Trenggalek untuk sama-sama sharing terkait Satu Data, karena kami sendiri juga dalam rangka berproses, khususnya terkait Satu Data Informasi Kota Mojokerto", ujar Santi.

Lebih lanjut Santi menegaskan, bahwa dengan adanya Satikomo, maka seluruh pengambilan keputusan dan kebijakan yang diambil Pemerintah Kota Mojokerto berdasarkan data yang valid dan akurat.

"Untuk itulah, kami terus berupaya bagaimana kami mampu dan bisa senantiasa mengupdate data yang ada di Satikomo. Sinergi luar biasa dengan seluruh OPD juga kami lakukan", tegas Santi.

Atas kerja keras tersebut, tahun 2022 ini, Satikomo berhasil meraih penghargaan dari BPS Provinsi Jatim dan anugerah Kepala Daerah Inovatif terkait inovasi satu data.

Sebagai informasi, sejak dirintis tahun 2019 lalu, keberadaan portal Satikomo telah mengalami perkembangan signifikan. Terwujudnya Satu Data Informasi Kota Mojokerto ini tak lepas dari sinergi dan dukungan dari masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dalam pengumpulan data. *(dit/an/HB)*