Senin, 22 Mei 2023

Harumkan Indonesia Dan Kota Mojokerto, Ning Ita Hadiahi Bintang Akbar Motor Vario

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Kapolresta Mojokerto, Kepala Disporapar Pemkot Mojokerto dan Ketua Harian PBVSI Kota Mojokerto saat foto bersama Bintang Akbar dan Sang Ibu usai menyerahkan piagam penghargaan dan hadiah motor Vario secara simbolis, Senin (22/04/2023) sore, di Pendopo Sabha Krida Tama Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Satu lagi putra daerah asli Kota Mojokerto kembali berhasil mengharumkan nama Kota Mojokerto dan Republik Indonesia di kawasan ASEAN (Asosiation of South East Asian Nations atau Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara). Kali ini, Bintang Akbar (22 Th) atlet voli pantai asal Kelurahan Kedundung Kecamatan Magersari Kota Mojokerto bersama rekan satu timnya Muhammad Ashfiya berhasil meraih medali emas pada SEA Games 2023 Kamboja.

Bintang Akbar bersama Muhammad Ashfiya berhasil mengukir nama Timnas Voli Pantai Indonesia sebagai juara dan meraih medali emas pada ajang SEA Games 2023 Kamboja setelah memenangi 2 (dua) dari 3 (tiga) babak melawan Timnas Voli Pantai Thailand pada partai final yang digelar di kawasan Pantai Sihanoukville Kamboja pada Selasa 16 Mei 2023.

Atas prestasi yang telah diraih tersebut, hari ini, Senin 22 Mei 2023, Bintang Akbar diarak keliling Kota Mojokerto oleh sejumlah pemuda dan pegiat olah-raga warga Kota Mojokerto yang berakhir di Pendopo Sabha Krida Tama Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Kepala Dinas Pemuda Olah-raga dan Pariwisata Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto bersama Kapolres Mojokerto Kota selaku Ketua Umum Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kota Mojokerto menyambut secara langsung kedatangan Bintang Akbar bersama sejumlah pemuda dan pegiat olah-raga warga Kota Mojokerto itu.

Dalam sambutannya, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari di antaranya menyampaikan, bahwa pihak bangga dan bahagia atas prestasi yang diraih Bintang Akbar bersama timnya karena telah mengharumkan nama Republik Indonesia dan Kota Mojokerto.

"Merupakan suatu kebahagian bagi kita bersama, yang hadir di Pendopo Sabha Krida Tama ini pasti tidak ada yang tidak bahagia. Tentu tiada ucapan yang lain kecuali rasa syukur dan terima-kasih kepada seluruh pihak yang sudah berkontribusi atas kesuksesan yang telah dicapai oleh Bintang Akbar di dalam menorehkan prestasi, membawa harum nama bangsa kita di kancah ASEAN, di forum SEA Games 2023", ujar Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, Senin (22/05/2023) sore, di lokasi.

"Dan, kita sebagai warga Kota Mojokerto tentu ikut bangga dan ikut bahagia. Tentunya karena ada anak asli Kota Mojokerto, ada warga Kota Mojokerto yang membawa harum nama Republik Indonesia di percaturan ASEAN. Ini luar biasa dan tentu saja harapan do'a sama, seperti yang dipanjatkan oleh Pak Kapolres (Kapolres Mojokerto Kota)", lanjutnya 


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menyampaikan sambutan atas prestasi  Bintang Akbar di ajang SEA Games 2023 Kamboja, Senin (22/05/2023) sore, di Pendopo Sabha Krida Tama Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto.


Orang nomor satu di lingkungan Pemkot Mojokerto tersebut mengungkapkan, bahwa pihaknya berkeinginan akan muncul lagi warga Kota Mojokerto yang mengharumkan nama Indonesia dan Kota Mojokerto melalui raihan prestasi di berbagai bidang.

"Ke depan kita ingin terlahir Bintang Akbar Bintang Akbar yang lainnya di berbagai bidang. Tidak hanya voli pantai, tapi prestasi-prestasi lainnya kita dorong agar terlahir generasi berikutnya dan juga membawa prestasi gemilang seperti Bintang Akbar", ungkap Wali Kota Perempuan Pertama di Kota Mojokerto tersebut.

Wali Kita Mojokerto yang akrab dengan sapaan Ning Ita ini menjelaskan, bahwa Pemkot Mojokerto memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi warga Kota Mojokerto untuk mengembangkan diri dalam mencapai prestasi.

"Dan ini semua sudah kita fasilitasi dengan adanya anggaran hibah yang kami alokasikan melalui KONI (Komite Olah-raga Nasional Indonesia) Kota Mojokerto dengan nominal yang cukup besar. Sebelumnya secara berturut-turut Rp. 1,5 miliar dan tahun ini, karena ada PORPROV (Pekan Olah Raga Provinsi) nilainya kita tingkatkan menjadi Rp. 3,5 miliar", jelas Ning Ita.

"Selain itu juga pembangunan sarana-sarana olah-raga yang sudah kita lakukan secara simultan, secara bertahap diberbagai lingkungan, karena memang ketersediaan lahan di Kota Mojokerto itu terbatas, sehingga kita harus menginventarisir mana yang paling memungkinkan, mana yang paling layak, mana yang tersedia secara runtutan", tambahnya.

Ning Ita menegaskan, bahwa fasilitasi berupa pemberian dana hibah dan pembangunan sarana-sarana olah-raga di berbagai lingkungan itu merupakan upaya Pemkot Mojokerto untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Mojokerto yang memiliki daya-saing.

"(fasilitasi berupa pemberian dana hibah dan pembangunan sarana-sarana olah-raga di berbagai lingkungan) itu semua ikhtiar yang kita lakukan bersama-sama agar ke depan prestasi Kota Mojokerto untuk mencetak SDM-SDM unggul di berbagai bidang, termasuk bidang olah-raga bisa terus kita tingkatkan", tegasnya.

Pada kesempatan ini, Ning Ita pun berkesempatan menyampaikan rasa terima-kasihnya kepada Bintang Akbar karena telah mengharumkan nama Indonesia dan Kota Mojokerto. Ning Ita pun menyatakan bangga atas prestasi yang telah di Bintang Akbar tersebut.

"Terima-kasih atas prestasinya. Dan, sebagai rasa bangga dan bahagia saya kepada Bintang Akbar yang sudah mengharumkan nama Indonesia, mengharumkan nama Kota Mojokerto nanti saya akan memberikan hadiah sepeda motor Vario untuk Bintang Akbar yang secara simbolis akan saya berikan pada hari ini", pungkas Ning Ita.

Sebelumnya, Samsul Mu'arif selaku pelatih Bintang Akbar mengaku, bahwa dirinya melihat bakat voli itu ada pada diri Bintang Akbar sejak Bintang masih kecil. Bakat voli yang ada pada diri Bintang itu kemudian ia sampaikan kepada orang-tua Bintang dan orang-tua mendukungnya.

Samsul pun berterima-kasih atas support yang selama diberikan oleh Pemkot Mojokerto dalam upayanya mencetak atlet di Kota Mojokerto. Samsul pun menyampaikan, untuk mempertahankan prestasi dan mencetak pemain voli pantai, dibutuhkan lapangan voli berpasir.

"Untuk mencetak pemain voli pantai dan mempertahankan prestasi voli pantai, dibutuhkan lapangan voli khusus berpasir. Kami berharap Pemerintah Kota Mojokerto memberikan fasilitas lapangan voli berpasir", pinta Samsul Mu'arif.

Sementara itu, Kapolres Mojokerto Kota AKBP Wiwit Adisatria selaku Ketua Umum Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kota Mojokerto menyampaikan, bahwa dirinya turut merasa bangga atas prestasi yang diraih Bintang Akbar.

"Meskipun di Kota Mojokerto gak ada pantainya, namun Kota Mojokerto mampu mencetak atlet voli pantai yang berprestasi di ajang SEA Games, ini sungguh luar biasa. Voli pantai lebih sulit dan lebih menguras tenaga. Selain hanya dimainkan oleh dua orang, tempat bermain pun berada di atas pasir. Meski terlahir di daerah pinggiran Sungai Brantas, namun bisa menjadi Sang Juara", ujar AKBP Wiwit Adisatria. *(DI/HB/Adv)*