Minggu, 05 November 2023

Soal Calon Pj. Wali Kota Mojokerto, Ketua DPRD: Ada Tiga Nama Yang Diusulkan

Baca Juga


Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Tensi politik di kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Mojokerto belakangan ini sempat memanas sejak berlangsungnya proses penjaringan Calon Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto. Enam fraksi yang ada di DPRD Kota Mojokerto bergelut menjalankan mekanisme pengusulan nama Calon Pj. Wali Kota Mojokerto terbaiknya.

Enam fraksi yang ada di DPRD Kota Mojokerto pun saling mengklaim, bahwa nama Calon Pj. Wali Kota Mojokerto yang akan diusulkan adalah yang terbaik, yang paling berpengalaman dan paling tahu kondisi masyarakat Kota Mojokerto serta berharap Calon Pj. Wali Kota Mojokerto diusulkan terpilih menjadi Pj. Wali Kota Mojokerto menggantikan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang berakhir masa jabatannya pada 10 Desember 2023 mendatang.

"Ada 3 (tiga) nama yang diusulkan, yaitu Gaguk Tri Prasetyo, Ali Kuncoro dan Akhmad Jazuli. Hari ini (Minggu 05 November 2033), kita buatkan berita acaranya", terang Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto usai memimpin rapat internal Pimpinan DPRD Kota Mojokerto, Minggu (05/11/2023).

Sunarto pun menerangkan, nama ketiga Calon Pj. Wali Kota Mojokerto tersebut, selanjutnya akan dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) secara langsung. Diperkirakan, pengiriman ketiga Calon Pj. Wali Kota Mojokerto tersebut akan sampai pada Senin (06/11/2023) besok.

“Kalau dikirim lewat pos, takut sampainya tidak tepat waktu. Makanya kita utus Sekretariat DPRD Kota Mojokerto untuk menyerahkan secara langsung ke Kemendagri. Besok sudah sampai", terang Sunarto pula.

Dijelaskannya, bahwa 6 (enam) fraksi yang ada di DPRD Kota Mojokerto telah mengusulkan nama Calon Pj. Wali Kota Mojokerto. Yang mana, 4 (empat) dari 6 fraksi yang ada di DPRD Kota Mojokerto tersebut, resmi mengusulkan nama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo sebagai Calon Pj. Wali Kota Mojokerto.

Kemudian, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Jatim Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) Muhammad Ali Kuncoro yang mendapat dukungan satu fraksi sama dengan Asisten Administrasi Umum Sekdaprov Jatim Akhmad Jazuli yang juga mendapatkan dukungan satu fraksi.

"Ketiga Calon Pj. Wali Kota Mojokerto tersebut, selanjutnya akan dikirimkan ke Kemendagri secara langsung. Diperkirakan, pengiriman ketiga Calon Pj. Wali Kota Mojokerto tersebut akan sampai pada Senin (06/11/2023) besok", jelasnya. *(DI/HB/Adv)*