Minggu, 12 Mei 2024

Hadiri Jalan Sehat Hari Buruh 2024, Mas Pj: Pemerintah Kota Mojokerto Konsen Memperjuangkan kesejahteraan Para Buruh

Baca Juga


Pj.
Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro didampingi Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemprov Jatim, jajaran pejabat Forkopimda Kota Mojokerto, para Kepala OPD di lingkungan Pemkot Mojokerto, Pimpinan Cabang Bank Jatim, Kepala BPJS Ketenaga-kerjaan Cabang Mojokerto, Pimpinan Apindo serta Anggota LKS Tri Partit saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Jalan Sehat Memperingati Hari Buruh Internasional (May Day 1 Mei) Kota Mojokerto, yang dipusatkan di halaman parkir GOR dan Seni Mojopahit jalan Gajah Mada No. 149 Kota Mojokerto, Minggu 12 Mei 2024.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo hadir pada kegiatan Jalan Sehat Memperingati Hari Buruh Internasional (May Day 1 Mei) Kota Mojokerto, yang dipusatkan di halaman parkir Gedung Olah Raga (GOR) dan Seni Mojopahit jalan Gajah Mada No. 149 Kota Mojokerto, Minggu 12 Mei 2024.

Minggu (12/05/2023) pagi sekitar pukul 07.00 WIB, ribuan buruh yang sebelumnya telah  memadati titik start di halaman GOR dan Seni Mojopahit jalan Gajah Mada No. 149 Kota Mojokerto diberangkatkan untuk menempuh rute jalan sehat tersebut. Dengan sorakan dan rona wajah penuh kegembiraan, ribuan buruh itu  melangkahkan kaki menempuh rute jalan sehat.

Adapun rute Jalan Sehat Memperingati Hari Buruh Internasional (May Day 1 Mei) kali ini, yakni titik start di halaman GOR dan Seni Mojopahit jalan Gajah Mada No. 149 Kota Mojokerto menuju kearah selatan. Sampai di simpang 4 (empat) Benteng Pancasila (Benpas) belok ke kiri menyusuri sepanjang jalan Benpas hingga traffic-light simpang 4 jalan Empu Nala.

Di simpang 4 jalan Empu Nala ini, ribuan buruh peserta Jalan Sehat melanjutkan rute jalan sehat menyusuri jalan Empu Nala hingga simpang 4 jalan Gajah Mada, lalu belok kiri menuju finish kembali ke halaman GOR dan Seni Mojopahit jalan Gajah Mada No. 149 Kota Mojokerto.

Di tempat finish, ribuan buruh peserta Jalan Sehat Memperingati Hari Buruh Internasional (May Day 1 Mei) disambut penampilan kelompok musik Rajawali dari Kabupaten Sidoarjo beserta artis-artis papan atasnya dan kelompok seni hadrah serta kesenian barongsai.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro di antaranya menyampaikan apresiasinya atas keikut-sertaan ribuan buruh dalam kegiatan Jalan Sehat sebagai rangkaian peringatan Hari Buruh Internasional (May Day 1 Mei) 2024 di Kota Mojokerto ini.

"Hari ini, kita sama-sama memperingati Hari Buruh Intenasional. Ini merupakan momentum dimana suara buruh, suara pekerja untuk didengar dan harus diperjuangkan. Apa yang harus diperjuangkan...!? Tentu yang harus diperjuangkan adalah kesejahteraan", ujar Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro, Minggu (12/05/2024) di lokasi.


Salah-satu suasana rangkaian kegiatan Jalan Sehat Memperingati Hari Buruh Internasional (May Day 1 Mei) Kota Mojokerto, yang dipusatkan di halaman parkir GOR dan Seni Mojopahit jalan Gajah Mada No. 149 Kota Mojokerto, saat pemain barongsai memberi hormat pada para undangan, Minggu 12 Mei 2024.


Pj. Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan "Mas Pj" menegaskan, bahwa Pemerintah Kota Mojokerto senantiasa akan memperjuangkan kesejahteraan para buru dan pekerja.

"Kami Pemerintah Kota Mojokerto, akan konsen untuk memperjuangkan kesejahteraan para buruh. Lebih jelasnya kemarin pada audensi pertama, para buruh minta agar segera dicairkan anggaran dari DBHCHT dan itu kita proses", tegas Mas Pj.

Mas Pj kembali menegaskan, bahwa meski bantuan DBHCHT itu umlahnya tidak seberapa, tapi ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota berpihak kepada buruh dan pekerja.

"Sekali lagi, selama saya mejabat sebagai Penjabat Wali Kota Mojokerto, saya ingin mewujudkan sebuah hubungan industri yang harmonis antara pekerja, pengusaha dan pemerintah", tegas Mas Pj. pula.

Ditandaskan Mas Pj, bahwa ketika hubungan harmonis, maka iklim industri akan tumbuh. Ketika iklim industri tumbuh, tentu perekonomian akan meingkat.

"Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan, bahwa tantangan pekerja ke depan semakin terbuka. 2030, bahwa ada digitalisasi informasi teknologi, maka akan banyak pekerjaan yang akan dilakukan secara modern. Oleh karena itu, kata kuncinya adalah para buruh harus meningkatkan kompetensinya", tandas Mas Pj.

Mas Pj. juga berkesempatan menyerahkan hadiah utama kepada beberapa peserta jalan sehat yang beruntung atas nomor kepesertaan jalan sehat yang dimilikinya setelah diundi sebelumnya. Adapun ratusan hadiah utama dan doorprise yang disiapkan panitia kegiatan di antaranya berupa sebuat motor Honda Beat, beberapa buah HP, beberapa unit sepeda listrik, sepeda gunung, lemari es, kipas angin, kompor gas dan beberapa doorprize lainnya serta puluhan pasang sepatu olah-raga dan sandal yang langsung dibagikan tanpa diundi.

Selain Pj. Wali Kota dan Sekda Kota Mojokerto Mojokerto, acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, jajaran pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Mojokerto, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto, Pimpinan Cabang Bank Jatim, Kepala BPJS Ketenaga-kerjaan Cabang Mojokerto, Pimpinan Apindo serta Anggota LKS Tri Partit.

Kemeriahan acara Jalan Sehat Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 1 Mei 2024 ini juga mendapatkan support dari PT. Nusantara Medika Utama, RS. Gatoel, RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto, RS. Kamar Medika, RS. Emma, RS. Reksa Waluya, Klinik Kuncup Ceria. Laboratorium Fortuna Kota Mojokerto, BPJS Ketenaga-kerjaan Mojokerto, PT. Inti Dragon Suryatama, PT. Bumi Indo, PT. Hoky dan PT. Bokormas.

Berikutnya, dari PT. Garuda Indah Jaya, PT. Galaxi Sukses Mandiri, PT. Karya Bintang Mandiri, PT. Berkah Lancar Abadi, PT. Atis, PT. Jaya Raya, Bank Jatim, Bank BPR Jatim, Bank BCA, My Bank, PT. Pegadaian, PT. Kantor POS, PT. Telkom Mojokerto, Hotel Ayola, Hotel Lyn's, Hotel de Resort, Hotel Surya Mojopahit, Hotel Kertajaya, Hotel Raden Wijaya, Royal Karaoke, Graha Poppy Karaoke, Matahari Sunrise, Top Shell, PT. Lions Superindo, PT. Sanrio, Depot Anda, Toko Issabela, PT. Eka Prima Motor, FIF, IMM Toyota Citra, Amanda Brownis, Mc. Donal, JNE serta RS. Hasanah.

Sebagaimana diketahui, Hari Buruh Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Mei. Peringatan Hari Buruh juga ditetapkan sebagai hari libur nasional. Adapun peringatan Hari Buruh di Indonesia dimulai pada era kolonial Hindia Belanda. Peringatan Hari Buruh ini dimulai tanggal 1 Mei 1918 oleh Serikat Buruh Kung Tang Hwee.

Berawal dari tulisan Adolf Baars, seorang tokoh sosialis Belanda yang mengritik harga sewa tanah milik kaum buruh terlalu murah untuk dijadikan perkebunan. Selain itu, Baars mengungkapkan bahwa kaum buruh bekerja keras tanpa upah yang layak.

Setelah perayaan Hari Buruh pada 1 Mei tersebut, buruh yang bekerja di perusahaan kereta api mengalami pemotongan gaji. Mereka kemudian melakukan aksi damai mogok kerja. Namun, mereka diancam pemecatan apabila tidak segera kembali bekerja.

Pada tahun 1926, peringatan Hari Buruh ditiadakan. Kemudian, pada 1 Mei 1946, Kabinet Sjahrir memperbolehkan perayaan Hari Buruh. Undang-undang Nomor 12 Tahun 1948 di antaranya mengatur, bahwa setiap 1 Mei, buruh boleh tidak bekerja. Undang-undang tersebut juga mengatur perlindungan anak dan hak perempuan sebagai pekerja.

Pada 1 Mei 2013, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan Hari Buruh sebagai Hari Libur Nasional. Seiring berjalannya waktu, dari tahun ke tahun, 1 Mei selalu menjadi moment bagi para buruh untuk menuntut hak-haknya mulai dari upah yang pembayarannya tertunda, jam kerja dan upah yang layak, hak cuti hamil, hak cuti haid hingga hak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR).  *(DI/HB/Adv)*