Jumat, 05 Juli 2024

Komitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkot Mojokerto Raih Anugerah Penghargaan Merdeka Belajar 2024 Dari Kemendikbudristek RI

Baca Juga


Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro saat menerima Anugerah Penghargaan Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menerima Anugerah Penghargaan Merdeka Belajar 2024 sebagai Pemda transformatif pada kategori transformasi Pembelajaran dari Kemendikbudristek RI yang diserahkan oleh Ditjen PAUD Dikdasmen Iwan Syahril, dalam acara Puncak Festival Kurikulum Merdeka x Anugerah Merdeka Belajar, di Lobby Plenary dan Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Jum'at (05/07/2024) malam.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto meraih Anugerah Penghargaan Merdeka Belajar 2024 sebagai pemerintah daerah (Pemda) transformatif pada kategori transformasi pembelajaran dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI).

Apresiasi tersebut, diberikan kepada Pemkot Mojokerto sebagai salah satu daerah yang dinilai telah menunjukkan komitmen dalam mendukung Gerakan Merdeka Belajar dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan secara berkelanjutan. Terutama, berupa optimalisasi pemanfaatan sumber daya digital sekolah serta dorongan aktivasi komunitas belajar dalam pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen) Iwan Syahril kepada Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro dalam acara Puncak Festival Kurikulum Merdeka x Anugerah Merdeka Belajar yang digelar di Lobby Plenary dan Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Jum'at (05/07/2024) malam.

Atas penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024 yang berhasil diraih Pemkot Mojokerto tersebut, Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro mengapresiasi seluruh pihak yang telah turut bekerja keras dan sungguh-sungguh dalam membangun pendidikan di Kota Mojokerto. Khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat sebagai OPD yang berperan sebagai 'leading sector' pengembangan pendidikan di Kota Mojokerto. 

"Alhamdulillah, ini berkat sinergi dan kerja keras kita bersama, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan tenaga kependidikan, yang selama ini telah berkomitmen untuk terus berinovasi demi transformasi pendidikan yang lebih baik", Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro usai menerima penghargaan tersebut, Jum'at (05/07/2024) malam, di lokasi.


Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro saat foto bersama Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo serta Plt. Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Mojokerto Rubi Hartoyo usai menerima Anugerah Penghargaan Merdeka Belajar 2024 dalam acara Puncak Festival Kurikulum Merdeka x Anugerah Merdeka Belajar, di Lobby Plenary dan Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Jum'at (05/07/2024) malam.


Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan "Mas Pj" tersebut berharap, raihan prestasi ini dapat memperkuat motivasi agar kedepan upaya meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di Kota Mojokerto. Termasuk, dalam penerapan kebijakan dan program yang inovatif dan berdampak optimal.

"Semoga ini bisa memperkuat tekad kita bersama dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di Kota Mojokerto serta upaya menciptakan SDM unggul dan kontributif bagi daerah dan bangsa, mewujudkan Indonesia Emas 2045", pungkas Mas Pj, penuh harap.

Turut hadir sekaligus mendampingi Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro dalam acara Puncak Festival Kurikulum Merdeka x Anugerah Merdeka Belajar yang digelar di Lobby Plenary dan Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta pada Jum'at (05/07/2024) malam tersebut, yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo dan Pelaksana-tugas (Plt.) Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Mojokerto Rubi Hartoyo.

Sebagai informasi, pada kesempatan yang sama, Kemendikbudristek memberikan penghargaan kepada 51 pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/ kota. Adapun, selain pada kategori Transformasi Pembelajaran yang diraih Pemkot Mojokerto, terdapat 5 (lima) kategori lainnya yaitu transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) pendidikan, transformasi Pengelolaan Pendidikan, transformasi Anggaran Pendidikan, transformasi Pendidikan vokasi dan transformasi Program Indonesia Pintar (PIP).

Sebagaimana diketahui, Ditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek RI kembali menyelenggarakan Puncak Festival Kurikulum Merdeka x Anugerah Merdeka Belajar pada Jumat 05 Juli 2024 yang digelar di Lobby Plenary dan Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta ini merupakan gabungan dua kegiatan besar dan menjadi ruang inspirasi, ekspresi dan edukasi bagi seluruh pemangku kepentingan pendidikan.

Acara ini juga merupakan puncak perayaan atas partisipasi dan gotong royong semua pihak dalam mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar. Pada kesempatan ini juga turut diberikan apresiasi kepada para guru, peserta didik, orang tua, perwakilan pemerintah daerah dan pihak-pihak yang dalam kurun waktu satu tahun terakhir telah menunjukkan komitmennya  menciptakan ekosistem pendidikan yang berdaya dan saling menguatkan.
 
Puncak Festival Kurikulum Merdeka dan Anugerah Merdeka Belajar bertujuan untuk menyebarluaskan energi, semangat, dan praktik baik implementasi Kurikulum Merdeka serta program prioritas lainnya dari Direktorat Jenderal Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan momentum semangat akhir tahun ajaran untuk berbagi pengalaman positif dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, memberikan apresiasi dan memperkuat komitmen pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, satuan pendidikan dan orang tua dalam mendukung Gerakan Merdeka Belajar. *(DI/HB/Adv/Kom)*